Jumat, 22 September 2017

Kemenpar Dukung Festival Tirtagangga

| 476 Views
id pemkab karangasem, karangasem, humas karangasem, festival tirtagangga, festival pesona tirtagangga
Kemenpar Dukung Festival Tirtagangga
Sekretaris Kabupaten Karangasem I Gede Adnya Mulyadi (kiri)saat membuka Festival Pesona Tirtagangga di Wantilan Taman Tirtagangga, Desa Ababi, Kecamatan Abang Karangasem. (Antara Bali via Humas Karangasem/adt/2017
Festival Pesona Tirtagangga diharapkan mampu menumbuhkan kecintaan dan rasa memiliki masyarakat terhadap daerah Karangasem melalui penggalian dan pelestarian bentuk seni budaya
Amlapura, Bali (Antara Bali) - Kementerian Pariwisata mendukung Festival Pesona Tirtagangga yang digelar Pemerintah Kabupaten Karangasem, Bali, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan Nusantara ke daerah ujung timur Pulau Dewata itu.

Informasi dari Sekretaris Kabupaten Karangasem I Gede Adnya Mulyadi yang diterima Antara di Amlapura, Jumat, menyebutkan Festival Pesona Tirtagangga itu dihadiri Kepala Bidang Promosi Pariwisata Buatan Kementerian Pariwisata, Gayatri.

"Kegiatan itu melibatkan seluruh lapisan masyarakat dan komponen pariwisata," kata Gede Adnya Mulyadi yang mewakili Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri untuk membuka acara itu di Wantilan Taman Tirtagangga, Desa Ababi, Kecamatan Abang Karangasem, sekitar 75 kilometer timur Denpasar (24/8).

Kegiatan yang pelaksanaannya direncanakan berkesinambungan itu merupakan sarana promosi pariwisata yang mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata.

Festival tersebut sekaligus sebagai pengembangan pariwisata budaya Karangasem dan khususnya masyarakat Abang, dengan harapan nantinya mampu meningkatkan pendapatan Asli Daerah (PAD), karena Karangasem selama ini kaya akan potensi seni dan budaya yang berkembang dalam kehidupan sosial masyarakat setempat.

"Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri mengharapkan kegiatan Festival Pesona Tirtagangga itu mampu menumbuhkan kecintaan dan rasa memiliki masyarakat terhadap daerah Karangasem melalui penggalian dan pelestarian bentuk seni budaya," katanya.

Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten Karangasem melalui Dinas Pariwisata setempat menggelar Festival Pesona Tirtagangga 2017 untuk mengintensifkan promosi pariwisata di Bali timur.

Pembukaan Festival tersebut ditandai dengan pemukulan Tambur yang dimeriahkan dengan parade "Gebogan" yakni hiasan buah dan janur yang menjulang ke atas dari PKK Desa Ababi, menyusul Fashion Jegeg Bagus Karangasem 2017 dan tari pembuka Tari Puspa Redaya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem I Wayan Astika selaku ketua panitia kegiatan tersebut melaporkan, Festival Pesona Tirtagangga merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap program Pesona Indonesia.

Selain itu, acara untuk merealisasikan Karangasem menjadi "The Spirit of Bali" tersebut dikemas dalam bentuk pesta rakyat yang melibatkan masyarakat Abang dan sekitarnya serta pelaku pariwisata.

"Dengan demikian, kegiatannya diharapkan mampu membangkitkan kawasan wisata dan cinta alam, khususnya wisata budaya, selain mengingatkan kembali bahwa Tirtagangga sebagai daerah tujuan wisata yang bersejarah," ujarnya.(*/adt)

Editor: I Nyoman Aditya

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga