Toshiba Menerima Pesanan Peralatan Pembangkit Listrik untuk Peremajaan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Kenya

Toshiba Menerima Pesanan Peralatan Pembangkit Listrik untuk Peremajaan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Kenya

Foto pembangkit listrik tenaga panas bumi Olkaria I

Kawasaki, Jepang, (ANTARA/PRNewswire) - Toshiba Energy Systems & Solutions Corporation (Toshiba ESS) hari ini mengumumkan telah menerima pesanan turbin uap dan generator dari SEPCOIII Electric Power Construction Co., Ltd. untuk peremajaan peralatan PLTP Olkaria I Unit 1-3 di Kenya, yang masing masing berkapasitas 45 MW. Turbin uap dan generator ini akan dikirimkan ke lokasi proyek pada bulan Desember 2025.

PLTP Olkaria I adalah pembangkit tenaga listrik panas bumi tertua di Kenya. PLTP ini dikelola Kenya Electricity Generating Company PLC (selanjutnya disingkat "KenGen") dan beroperasi secara komersial sejak tahun 1981.

PLTP Olkaria I Unit 1- 3 harus diremajakan karena telah usang. Turbin uap dan generator Toshiba ESS terpilih untuk proyek peremajaan tersebut. Peremajaan ini akan meningkatan daya keluaran Unit 1-3 dari 15 MW menjadi 21 MW. Dengan demikian, PLTP ini mampu memproduksi listrik yang lebih besar dengan uap yang lebih sedikit. Kinerja tersebut menjadi pertimbangan utama KenGen dalam memilih pemasok.

Pertumbuhan ekonomi Kenya mendorong lonjakan kebutuhan energi. Pemerintah Kenya menanggapinya dengan menyusun cetak biru pembangunan yang komprehensif, "Vision 2030", yang mencakup ketentuan untuk meningkatkan kapasitas pembangkit listrik di Kenya dari sumber energi terbarukan, serta menjalankan transisi menuju pemanfaatan 100% energi hijau pada 2030. Banyak PLTP baru juga telah direncanakan guna merealisasikan potensi tenaga panas bumi sebesar 9 GW di wilayah Great Rift Valley, Kenya.

Toshiba ESS dan KenGen telah menandatangani nota kesepahaman (MOU) terkait kerja sama dalam Pengoperasian dan Pemeliharaan (O&M) yang memadukan keahlian dan jaringan Ken Gen serta Toshiba ESS pada tahun 2022. Kedua pihak bekerja sama dalam layanan O&M untuk PLTP di negara-negara berkembang, termasuk negara-negara Afrika Timur di luar Kenya.

Toshiba ESS telah memiliki rekam jejak yang baik dalam menyediakan sistem PLTP di Kenya dan negara-negara Afrika Timur lain. Lebih lagi, Toshiba ESS telah berkontribusi dalam mempromosikan penggunaan PLTP dengan menandatangani MOU terkait bisnis PLTP bersama beberapa mitra di negara-negara Afrika Timur lain.

Shinya Fujitsuka, Director & Vice President, Power Systems Division, Toshiba ESS, berkata, "Saya senang bahwa Toshiba ESS dapat berkontribusi pada stabilitas energi di Kenya dengan menyediakan peralatan dan layanan kami. Toshiba ESS akan terus menyediakan produk dan solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan melalui jajaran turbin uap dan generator berskala kecil hingga besar dengan daya keluaran yang berkisar dari 1 MW hingga 200 MW. Agar energi bersih dapat mewujudkan masyarakat yang berkelanjutan, kami akan berkontribusi dalam merealisasikan masyarakat yang berprinsip netralitas karbon (carbon neutral society) dengan menyediakan layanan PLTP di Jepang dan pasar luar negeri."

Ringkasan Proyek

Proyek: PLTB Olkaria I
Pemilik: Kenya Electricity Generating Company PLC (KenGen)
Kontraktor EPC* : SEPCOIII Electric Power Construction Co., Ltd.
Produk yang dipasok: Turbin Uap dan Generator untuk Unit 1-Unit 3, jumlah keseluruhan sebanyak tiga set

*: EPC: Engineering Procurement and Construction (Rekayasa, Pengadaan, dan Konstruksi)
Pewarta : PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024