Badung Tuan Rumah Perlombaan "Customs Cycling" Terbuka

Badung Tuan Rumah Perlombaan

Ilustrasi-Sejumlah pembalap sepeda beradu cepat pada nomor Criterium kelas Men Elite di lintasan sirkuit Alun-alun Temanggung pada kejuaraan LCC (Lomba Customs Cycling) 2015 di Temanggung, Jateng. (ANTARA FOTO/Anis Efizudin/wdy)

Mangupura (Antara Bali) - Kabupaten Badung, Bali, menjadi tuan rumah penyelenggaraan Lomba "Customs Cycling" terbuka yang telah berlangsung pada 8-10 November 2017.

"Kegiatan ini diikuti ratusan pebalap sepeda dari berbagai provinsi yang ada di Tanah Air dan satu peserta dari Negara Malaysia," kata Ketua Umum Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kabupaten Badung, Ketut Gede Artha saat ditemui di Puspem Badung, Jumat.

Perlombaan "Customs Cycling" terbuka seri ketiga yang telah dilaksanakan ke-25 kalinya ini juga dirangkaikan juga menyambut HUT Ke-8 Mangupura, dimana kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi atlet muda diseluruh Indonesia yang siap berlaga untuk membela negaranya dikancah internasional.

Kegiatan Lomba "Customs Cycling" dirangkaikan dengan Lomba Balap Sepeda Mangupura CUP ke-3, yang pesertanya diikuti anak-anak sekolah dasar (SD) dan SMP yang bertujuan untuk mencari bibit muda asal Kabupaten Badung dan meregenerasi pebalap sepeda asal daerah ini.

"Kami juga terus melakukan upaya pembinaan langsung anak-anak tingkat SD hingga SMP yang ada di Badung untuk dapat berprestasi yang siap berlaga diajang Porprov Bali tahun berikutnya," ujarnya.

Ia mengharapkan, ke depannya pemerintah daerah secara berkesinambungan memfasilitasi kegiatan lomba balap sepeda yang diikuti atlet asal Badung saja, yang nantinya dapat mencetak pebalap hebat dan meminimalisir adanya atlet luar Bali ke Badung.

"Kegiatan Lomba "Customs Cycling" ini terdiri delapan kategori. Pada hari pertama (8/11) perlombaan digelar mulai dari Desa Sandakan menuju Desa Plaga. Pada hari kedua (9/11) perlombaan digelar di Desa Gulingan menuju Desa Baha. Hari ini, merupakan lanjutan dari kriterium tiga hari pelaksanaan lomba ini," ujarnya.

Menurut dia, dipilihnya Badung sebagai tuan rumah kali ini karena menjadi tujuan pariwisata internasional, sehingga olahraga ini diharapkan bisa menjadi "sport tourism" atau wisatawan selain berlibur ke Bali juga bisa mengikuti kegiatan olahraga yang dilombakan.

"Saya berharap kegiatan lomba kali ini para atlet yang datang ke Badung dapat berkunjun kesejumlah objek wisata yang ada di Bali umumnya dan Badung khususnya," ujarnya.

Hal ini karena Badung memiliki banyak destinasi yang indah untuk dikunjungi diantaranya di Badung Utara ada air terjun nungnung, panorama alam tukad bangkung. Kemudian, Badung Tengah ada Taman Ayun, Kecamatan Mengwi. Selanjutnya, di Badung Selatan ada Pantai Kuta, Pantai Pandawa dan banyak lagi," ujarnya. (WDY)
?>