42 BUMN Sinergi Membantu Pengungsi Gunung Agung

42 BUMN Sinergi Membantu Pengungsi Gunung Agung

Kementerian BUMN. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/wdy)

Jakarta (Antara Bali) - Kementerian BUMN menggalang sebanyak 42 perusahaan milik negara untuk menyalurkan bantuan kepada para pengungsi erupsi Gunung Agung.

"BUMN secara bersama-sama maupun secara mandiri menyalurkan bantuan berupa tunai dan natura," kata Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN, Hambra, dalam siaran pers di Jakarta, Senin.

Di bawah koordinasi Kementerian BUMN dan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), secara bersama-sama BUMN kembali menyerahkan bantuan ke posko pengungsi.

Menurut Hambra, pemberian bantuan tersebut bagian dari "BUMN Hadir untuk Negeri" di Pulau Bali yang diwujudkan melalui pembentukan posko-posko bantuan BUMN bagi pengungsi bencana Gunung Agung.

Bantuan diterima oleh Bupati Karangasem Ayu Mas Sumantri, dan disaksikan oleh perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat yang diberikan Direktur Strategi Korporasi dan Keuangan ITDC Jatmiko K. Santosa, Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) I Gusti Ngurah Putra, dan sejumlah pejabat dari BUMN lainnya, di Dermaga Tanah Ampo Karangasem.

BUMN memiliki komitmen untuk terus menyediakan bantuan sesuai dengan kemampuan masing-masing BUMN. "Kami memberikan apresiasi atas kekompakan BUMN dalam bekerja sama membentuk posko, menggalang bantuan dan menyalurkan bantuan ke posko-posko pengungi , serta mengerahkan karyawan BUMN untuk membantu di lapangan," katanya.

Sementara itu, Direktur Strategi Korporasi dan Keuangan Jatmiko K. Santosa mengatakan bahwa penyerahan bantuan dilakukan secara bertahap untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pengungsi. (WDY)