Kunjungan ke Monumen Perjuangan Bangsal, Dalung makin hari terus mengalami peningkatan. Seiring keinginan masyarakat untuk mengetahui bagaimana kiprah para pejuang dan kegiatan mereka di monumen ini dalam mempertahankan kemerdekaan pada masa penjajahan. Menariknya, bahkan diusulkan Monumen Perjuangan

Bangsal ini agar dijadikan objek wisata karena memiliki nilai historis yang sangat tinggi.
Usulan ini dilontarkan anggota Dewan LPP RRI Sunarya Ruslan dan Tias Anggoro saat melakukan kunjungan bersama Kepala Pusdiklat LPP RRI dan rombongan ke Monumen Perjuangan Bangsal.

Sunarya yang mengaku baru pertama kali berkunjung ke Monumen Perjuangan Bangsal memaparkan, keberadaan monumen seperti Bangsal ini sangat penting dan sangat baik sekali. Karena dengan begitu akan mewariskan nilai juang kepada para generasi berikutnya. Apalagi dengan masuknya budaya asing dan modernisasi seperti sekarang ini, keberadaan monumen inilah merupakan salah satu tonggak untuk mengingatkan para generasi muda atas perjuangan yang telah dilakukan para pahlawan dalam meraih atau mempertahankan kemerdekaan seperti sekarang ini.

Karena itu dia mengusulkan Bangsal yang merupakan salah satu akses ini bisa menjadi tempat singgah para turis karena merupakan bagian dari NKRI. Dengan begitu masyarakat luar yang datang ke Bali akan bisa mengetahui tonggak perjuangan yang telah dilakukan oleh para pahlawan ini, termasuk juga turis asing yang datang ke Bangsal akan bisa mengetahui tonggak perjuangan yang telah dilakukan oleh para pahlawan ini, termasuk juga turis asing yang datang ke Bali.

Sementara itu, Pemucuk Keluarga Besar Pasraman Puri Puncak Bangsal Dr. Bagus Ngurah Putu Arhana, Sp.A.(K) memaparkan, melalui kegiatan ini diharapkan generasi baru Indonesia bisa meneruskan semangat dan cita-cita para pejuang, memahami nilai-nilai sejarah Monumen Perjuangan Bangsal, salah satu situs sejarah penting dalam perang kemerdekaan Republik Indonesia di Bali, serta untuk mengisi kemerdekaan adalah tugas generasi baru Indonesia.

Dipaparkan, Monumen Perjuangan Bangsal adalah markas rahasia perjuangan bawah tanah perang kemerdekaan RI di Bali. Tempat bersejarah ini merupakan tempat pertemuan pimpinan pemuda pejuang untuk mengatur strategi perlawanan terhadap penjajahan Jepang maupun NICA. Semangat perjuangan Bangsal adalah mencapai serta mempertahankan kemerdekaan RI. Dalam konteks kekinian yaitu mempertahankan dan mengisi kemerdekaan RI serta menjaga empat pilar pusaka yaitu, Negara Kesatuan RI, UUD 45, Pancasila, dan Bhineka Tunggal Ika.(*)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016