Singaraja (Antara Bali) - Kabupaten Buleleng, Bali, meraih tiga penghargaan nasional karena dinilai berhasil dalam menjaga kebersihan dan melestarikan lingkungan hidup.

"Ketiga penghargaan tersebut yakni Anugerah Adipura Buana, Kalpataru kategori pengabdi lingkungan hidup yang diterima oleh Neneng Anengsih, dan yang paling bergengsi adalah Nirwasita Tantra Award 2016 tingkat kabupaten," kata Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, Jumat.

Ia mengatakan, Buleleng keluar sebagai juara pertama dan mengalahkan ratusan kabupaten dari seluruh Indonesia untuk Nirwasita Tantra Award 2016.

Agus memaparkan, Nirwasita Tantra merupakan penghargaan bagi kepala daerah yang menerbitkan kebijakan berwawasan lingkungan dan meningkatkan lingkungan hidup.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka pelaksanaan Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia Tingkat Nasional tahun 2016.

Menurutnya penghargaan itu juga sebagai keberhasilan masyarakat Buleleng yang sudah ikut membantu semua program konservasi yang dikeluarkan Pemkab Buleleng.

Ia menegaskan Pemkab Buleleng selalu memperhatikan pelestarian lingkungan.

"Saya sangat berterima kasih kepada masyarakat Buleleng yang telah membantu program pemerintah dalam melestarikan lingkungan. Tentunya penghargaan ini sangat penting untuk melihat seberapa berhasil pemerintah daerah dalam mengelola lingkungan," katanya.

Agus yang juga Ketua DPC PDIP menambahkan, keberhasilan penanganan masalah sampah sudah terbukti dengan diterimanya penghargaan ini.

Ia pun berharap, masyarakat Buleleng bisa terus mendukung program dari Pemerintah Daerah.

"Kita tidak boleh hanya berhenti di sin. Kita harus terus meningkatkan prestasi untuk Buleleng. Kepada masyarakat Buleleng saya berharap selalu bisa mendukung program pemerintah untuk membangun Buleleng," ujarnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016