Denpasar (Antara Bali) - Perkampungan seniman Ubud di Kabupaten Gianyar Provinsi Bali sangat terkenal sampai ke mancanegara yang sangat diminati wisatawan nusantara sebagai pusat dari wisata budaya dan kesenian di Pulau Dewata.

"Wisatawan dalam dan luar negeri dapat menyaksikan berbagai aktivitas seni dan budaya yang dilakukan masyarakat setempat," kata pengamat dan praktisi Pariwisata Bali Dewa Nyoman Putra, di Denpasar, Selasa.

Ia menyatakan nama Ubud kesohor di mancanegara sehingga turis yang sempat berlibur di daerah sejauh 25 km timur laut Denpasar itu, dapat melakukan aktivitas seperti rafting (arung jeram), bersepeda, menonton kesenian maupun seni lukis terkenal di Bali.

Wisatawan nusantara yang ramai datang ke kawasan wisata Ubud umumnya tidak melewatkan liburan ke objek wisata ke Monkey Forest yang memiliki ratusan ekor kera sebagai daya tarik, menonton Tari Kecak serta bisa membeli oleh-oleh khas Bali di Pasar Seni Ubud.

Dewa Nyoman Putra menambahkan, wisatawan senang bermalam di Ubud beberapa hari selama berliburan di Pulau Dewata karena di lokasi tersebut mudah mendapatkan penginapan, mulai dari hotel melati hingga hotel berbintang.

Selain perkampungan seniman Ubud, Bali juga memiliki tempat lainnya yang menarik bagi wisatawan yakni Pantai Kuta, salah satu tempat wisata yang paling terkenal dan populer di kalangan wisatawan mancanegara maupun bagi turis domestik.

Dewa Nyoman Putra yang pernah menjadi pemandu wisata menambahkan, wisatawan umumnya belum merasa datang ke Bali jika tidak berkunjung ke Kuta yang mampu menawarkan pantai pasir putih bersih terbentang sepanjang tujuh kilometer.

Banyak hal yang dapat dilakukan turis selama berada di objek wisata Kuta, seperti bermain di pantai pasir putih dan melihat matahari terbenam pada sore hari.

Jika pelancong menyukai pertunjukan seni, di sini tersedia Kuta Theater.

Sedangkan Tanjung Benoa salah satu kawasan wisata favorit bagi wisatawan domestik dan merupakan pusat wisata bahari di Bali atau lebih dikenal dengan nama watersport Tanjung Benoa yang memiliki pasir putih dengan air laut yang tenang.

Selain itu, di kawasan wisata Tajung Benoa juga tersedia banyak hotel murah dan hotel mewah.

Tempat makan di daerah ini juga sangat mudah untuk dijangkau, mulai dari warung makan dengan harga murah sampai restoran standar internasional.

Baraneka ragam objek wisata disuguhkan di sini, sehingga tidak mengherakan jumlah turis asing yang berlibur ke Bali bertambah setiap tahun.

Selama Januari-Mei 2016, kedatangan turis asing naik 19,70 persen menjadi 1.862.243 orang dari sebelumnya hanya 1.555.747 orang. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016