Singaraja (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali, mengintensifkan penyaluran Kartu Indonesia Sehat (KIS) ke sejumlah wilayah di daerah itu untuk mengentaskan kemiskinan.


Wakil Bupati Buleleng, I Nyoman Sutjidra di Kota Singaraja, Senin, mengatakan, KIS sangat efektif dalam proses pengentasan kemiskinan di Buleleng selain juga penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) bagi warga kurang mampu yang ingin melanjutkan pendidikan.


"Dalam beberapa hari ke depan kami juga akan sasar warga kurang mampu di desa lain. Ini merupakan upaya Pemkab Buleleng untuk pengentasan kemiskinan," ujar I Nyoman Sutjidra.


Dikatakan pula, dalam beberapa hari ke depan Pemkab Buleleng akan melakukan berbagi macam kegiatan sosial berbasis langsung maupun kartu sosial.


Selain itu, kata I Nyoman Sutjidra, warga miskin yang hidup terlantar belakangan ini memang banyak ditemukan dan masih banyak yang belum tercatat dalam data penduduk miskin.


Pemkab Buleleng mulai melakukan berbagai tobosan mulai dari validasi ulang data penduduk miskin maupun yang mengalami cacat dan hidup terlantar di berbagai wilayah.


"Kini upaya lain ditempuh dengan menitipkan warga miskin tersebut ke panti jompo milik pemerintah ataupun ke panti yang dikelola oleh pihak swasta. Upaya diyakini akan jauh lebih efektif dan lebih penanganan lebih manusiawi terhadap warga yang kurang beruntung di Bali Utara," demikian Sutjidra. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016