Klungkung (Antara Bali) - Bupati Klungkung, Bali I Nyoman Suwirta melakukan peninjauan ke Dermaga Gunaksa guna memastikan kesiapannya terkait akan diuji coba pengoperasiannya pada awal bulan Juni mendatang.

"Persiapan perbaikan jalan sementara atau eksisting menuju dermaga harus dilakukan secepatnya. Saya tidak ingin ditunda lagi, mengingat uji coba pengoperasian dermaga akan segera dilakukan," ujar Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat melakukan peninjauan di Dermaga Gunaksa, Selasa.

Ketika melakukan peninjauan di Dermaga Gunaksa, Bupati Suwirta didampingi Setda Putu Gede Winastra. Pada lokasi yang merupakan eks galian C ini, Bupati Suwirta disambut Kabid Sarana Prasarana Wellem Supriyono Ayal dan staf Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bidang Bina Marga I Gusti Adi Sura.

Peninjauan diawali dengan mengamati jalan eksisting yang berlubang di beberapa titik, serta sejumlah bagian jalan yang belum rata dan posisinya sangat rendah. Kondisi ini mengakibatkan jalan mudah tergenang ketika air sungai meluap.

Mencermati kondisi ini, Bupati Suwirta memerintahkan Kabid Sarana Prasarana Wellem Supriyono dan Dinas PU untuk segera melakukan penanganan, dengan cara meratakan dan meningkatkan ketinggian jalan eksisting. Bupati juga meminta untuk melakukan pembukaan muara Tukad Unda yang berada di sisi barat dermaga,

agar mengurangi kemungkinan jalan eksisting terendam air.

Sementara itu Kabid Sarana Prasarana Wellem Supriyono menyampaikan, rencana pembukaan mulut aliran muara di sisi barat dermaga akan segera dilakukan, dengan menggunakan alat berat. Hal ini sebagai upaya pengurangan debit air.

"Supaya tidak menggenangi jalan dan menggerus sisi timur dermaga," ujar Wellem Supriyono.

Sementara itu Bidang Bina Marga Dinas PU I Gusti Adi Sura mengatakan, untuk penanganan jalan eksisting yang tidak rata, berlubang dan hampir terputus, segera mungkin akan dilakukan pembentukan badan jalan, serta meninggikan badan jalan supaya terhindar air menggenang.

"Dengan menggunakan alat berat, jalan yang berlubang dan tidak rata akan diurug memanfaatkan bahan pasir dan batu yang ada di sekitar lokasi," ujarnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Tri Vivi Suryani

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016