Denpasar (Antara Bali) - Waskita Toll Road anak perusahan Perseroan Terbatas Waskita Karya menggandeng Perusahaan Daerah Bali untuk merealisasikan rencana pembangunan empat ruas tol sepanjang 125 kilometer di provinsi ini.

Direktur Keuangan Waskita Toll Road (WTR) Feri Purwadi, di Denpasar, Senin saat menemui Gubernur Bali mengatakan pihaknya menggandeng Perusda Bali akan membentuk Waskita Bali Mandara. "Perusahan itu yang nantinya secara khusus menggarap jalan tol ini," katanya.

Feri mengemukakan WTR merupakan anak perusahan Waskita Karya yang fokus melakukan investasi dalam pembangunan jalan tol di seluruh Indonesia. Saat ini, 8 Badan Usaha Jalan Tol telah diakuisisi oleh WTR.

Manurut dia, Bali menjadi prioritas WTR dalam investasi jalan tol. Guna memuluskan rencana tersebut, pihaknya menggandeng Perusda Bali.

"Langkah ini merupakan salah satu prasyarat bagi Waskita sebagai pemrakarsa pembangunan jalan tol di Bali. Terbentuknya Waskita Bali Mandara merupakan perkembangan positif dalam rencana pembangunan jalan tol di Bali," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Bali Made Mangku Pastika yang didampingi Wagub Ketut Sudikerta mengapresiasi perkembangan positif rencana pembangunan jalan tol tersebut.

Dia berharap, rencana ini bisa terealisasi secepatnya karena menjadi bagian penting dalam upaya pemerataan pembangunan Bali. Untuk itu, dia minta pihak Waskita merancang time frame (kerangka waktu) dalam pembangunan ruas jalan tol ini.

Dalam pertemuan tersebut, hadir pula Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Ketut Wija, Kepala Bappeda Putu Astawa, Karo Ekbang I Nengah Laba, Kadis PU Nyoman Astawa Riadi dan Dirut Perusda I Nyoman Baskara.

Rencana pembangunan empat ruas jalan tol di Bali oleh pihak Waskita Karya telah beberapa kali dipaparkan kepada Gubernur Bali.
Gagasan Waskita Karya menggarap jalan tol di Bali merupakan tindak lanjut kunjungan kerja Menteri BUMN Rini Soemarno beberapa waktu yang lalu.

Empat ruas jalan tol yang rencananya dibangun antara lain ruas Kuta-Canggu-Tanah Lot-Soka sepanjang 28 kilometer, Soka-Pekutatan 25,1 kilometer, Pekutatan-Gilimanuk 54,4 kilometer dan Pekutatan-Lovina sepanjang 46,7 kilometer. Untuk tahap awal, pihak Waskita rencananya akan menggarap ruas Kuta-Canggu-Tanah Lot-Soka. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015