Denpasar (Antara Bali) - Komando Daerah Militer IX/Udayana memamerkan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) memeringati Hari Ulang Tahun ke-70 Tentara Nasional Indonesia, 5 Oktober 2015.

Sejumlah alat persenjataan TNI dipamerkan di antaranya senjata laras panjang, kamera pengawas jarak jauh atau "drone", tank hingga robot penjinak bom atau Jihandak Kodam Udayana.
 
Robot penjinak bom buatan Inggris tahun 1995 itu menjadi salah satu senjata unik dan menjadi "bintang" yang dipamerkan kepada masyarakat umum.

Penjinak bom tersebut salah satunya mengandalkan kemampuan  "tangan" yang mampu menjangkau jarak sejauh 100 meter untuk mengevakuasi benda yang dicurigai sebagai bom untuk selanjutnya ditangani lebih lanjut.

Kepala Staf Kodam (Kasdam) IX/Udayana Brigadir Jenderal TNI Hadi Kusnan membuka pameran alutsista TNI di Lapangan Puputan Margarana Renon Denpasar, Bali, Sabtu.

"Pameran ini untuk memperkenalkan beberapa Alutsista yang dimiliki TNI dan kegiatan yang dilakukan satuan jajaran Kodam Udayana, Angkatan Laut dan Angkatan Udara untuk menumbuhkan semangat dan rasa cinta terhadap TNI," katanya.

Dia mengajak masyarakat untuk memanfaatkan momen itu untuk lebih mengenal lebih dekat TNI sebagai bentuk kemanunggalan institusi itu dengan rakyat.

"Bersama rakyat TNI kuat, bersama TNI rakyat sejahtera," imbuhnya seraya menamnahkan bahwa pameran alutsista Kodam IX/Udayana itu digelar hingga 7 Oktober 2015. (DWA)

Pewarta: Oleh Dewa Wiguna

Editor : Dewa Sudiarta Wiguna


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015