Denpasar (Antara Bali) - Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan dan Keluarga (PKK) Kota Denpasar terus berupaya membantu program pemerintah, salah satunya menekan jumlah rumah tangga miskin atau RTM.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa Pemkot Denpasar Made Mertajaya di Denpasar, Senin mengatakan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan dan Keluarga (PKK) secara rutin menyerahkan bantuan sembilan kebutuhan pokok atau sembako setiap tahun yang dikaitkan dengan Puncak HKG dan HUT Ke-227 Kota Denpasar.

"Sembako yang kami berikan ini jangan dilihat dari nilainya, namun merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kota Denpasar melalui Tim Penggerak PKK Kota Denpasar," katanya didampingi Sekretaris PKK Ni Nyoman Sri Utari.

Ia mengatakan jumlah sembako yang diserahkan kali ini sebanyak ratusan paket sembako tersebar di empat kecamatan. Selain memberikan bantuan sembako, Pemerintah Kota Denpasar juga memberikan berbagai pelatihan keterampilan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kurang mampu.

"Pemerintah Kota Denpasar telah melaksanakan berbagai program pendidikan di masing-masing SKPD, temasuk PKK Kota Denpasar. Pelatihan tersebut antara lain tata rias," katanya.

Sementara, Nyoman Sri Utari menambahkan selain memberikan bantuan sembako juga melaksanakan berbagai kegiatan terkait dengan HUT Denpasar dan mendukung program Pemerintah Kota Denpasar di antaranya melaksanakan lomba keterampilan yang melibatkan anak-anak berkebutuhan khusus dan disabilitas.

Selain itu, kata dia, melaksanakan kebersihan dengan menyasar pasar dengan tema "Melancaran (Berkunjung) ke Pasar". Ini juga upaya mengajak masyarakat untuk berbelanja ke pasar tradisional karena pasar tradisional di Kota Denpasar telah di revitalisasi. Sehingga keberadaan pasar tradisional tidak kalah dengan toko-toko modern.

Ia mengharapkan masyarakat turut menjaga Kota Denpasar sesuai dengan brending "Kotaku Rumahku" sehingga Kota Denpasar tetap nyaman sebagai tempat tinggal.

Salah seorang warga yang mendapat bantuan sembako Nyoman Kari mengaku sangat senang perhatian Pemkot Denpasar terutama TP PKK Kota Denpasar langsung mendatangi RTM.

"Saya juga sempat ditawari untuk mengikuti pelatihan tersebut, dan merupakan bentuk kebanggaan karena di perhatikan untuk mandiri," katanya. (WDY)

Pewarta: Oleh I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015