Negara (Antara Bali) - Kabupaten Jembrana mengembangkan wisata alam, salah satunya dengan menggelar Pekutatan Trail Adventure, yang diikuti ribuan peserta, Minggu.

"Wilayah Kecamatan Pekutatan dengan pantai serta perkebunannya, cocok untuk wisata alam, termasuk dengan kegiatan yang menjelajah alam dengan sepeda motor trail seperti ini," kata Bupati Jembrana, I Putu Artha, yang melepas ribuan penggemar sepeda motor trail, yang datang dari berbagai wilayah Provinsi Bali tersebut.

Dengan menggunakan momentum HUT Desa Adat Pekutatan ini, menurutnya, merupakan sarana promosi yang efektif untuk mengenalkan, obyek wisata tersebut keluar daerah.

Kepada desa adat selaku panitia penyelenggara, ia minta, kegiatan serupa dilakukan setiap tahun, termasuk dengan mengundang pecinta offroad dari luar Bali.

Bendesa atau Pimpinan Desa Adat Pekutatan, I Made Ariyasa mengatakan, jumlah peserta sekitar 1000 orang, yang akan menempuh medan alam sejauh 75 kilometer.

"Lintasan mulai dari sepanjang pantai, hingga tebing-tebing curam dan sungai di wilayah kecamatan ini. Awalnya kami prediksi jumlah peserta hanya 500 orang, ternyata mencapai 1000 orang," katanya.

Dalam jelajah alam ini, Wakil Bupati Jembran, I Made Kembang Hartawan juga turun sebagai peserta, karena mengaku tertantang untuk menaklukkan medan yang berat.

"Sebagai pemimpin, andrenalin kita sering terpacu dengan berbagai persoalan. Mengikuti kegiatan seperti ini, merupakan salah satu cara saya untuk melatih andrenalin," katanya.(GBI)

Pewarta: Oleh Gembong Ismadi

Editor : Gembong Ismadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014