Mangupura (Antara Bali) - Penyerahan surat keputusan pengangkatan 148 calon pegawai negeri sipil oleh Bupati Badung Anak Agung Gde Agung mengakhiri kisruh rekrutmen CPNS tahun 2012 di daerah terkaya di Provinsi Bali.

Bupati Gde Agung di Mangupura, Kabupaten Badung, Kamis, mengatakan SK tersebut baru bisa dibagikan kepada 148 CPNS karena pihaknya harus menunggu proses turunnya nomor induk pegawai dari Badan Kepegawaian Negara dan proses hukum terkait pemalsuan pengumuman CPNS versi Badan Kepegawaian Daerah setempat oleh Polda Bali.

Ia memahami perasaan para CPNS berkenaan kisruh selama proses bergabungnya CPNS ke lingkungan Pemkab Badung.

"Bagi kami, sedikit pun atau bahkan seujung kuku pun tidak ada niatan untuk memperlambat, apalagi menunda-nunda proses terbitnya SK pengangkatan ini," ujarnya di sela-sela pembagian SK CPNS.

Pihaknya bersama jajaran instansi terkait justru terus mendorong penerbitan NIP tersebut mengingat keberadaan CPNS sangat dibutuhkan, terutama untuk para tenaga pendidik dan tenaga kesehatan.

Dengan demikian, pihaknya mengajak seluruh CPNS untuk segera bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing karena keberadaannya sangat dibutuhkan untuk memperkuat pelayanan pemerintah kepada masyarakat setempat.

CPNS itu nantinya diwajibkan mengikuti etika birokrasi dan aturan yang berlaku di Pemkab Badung.

Sebagai abdi negara, mereka juga diwajibkan untuk menegakkan bangsa dan negara dengan tetap menjalankan empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tungga Ika.

Pembagian SK itu dihadiri Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar Made Ardita, Sekda Kabupaten Badung Kompyang R Swandika, dan jajaran pemerintahan terkait lainnya.

Sementara itu, Kepala BKD dan Diklat Badung I Gede Wijaya mengatakan bahwa berdasarkan Surat Kemenpan-RB Nomor R/90/M.PAN-RB/06/2012 tanggal 11 Juni 2012 perihal persetujuan rincian tambahan formasi CPNS daerah untuk jabatan yang dikecualikan tahun 2012 bahwa Pemkab Badung memperoleh alokasi tambahan formasi CPNS dari pelamar umum sebanyak 153 formasi dengan rincian tenaga guru 87, tenaga kesehatan 52, dan tenaga teknis 14.

"Dari formasi itu setelah diadakan tes baik kompetensi dasar maupun tes kompetensi bidang dan yang dinyatakan lulus adalah 148 orang dengan rincian tenaga guru 85, tenaga kesehatan 49 dan tenaga teknis 14," ujarya.

Sedangkan berdasarkan golongan yang dinyatakan lulus yaitu golongan III 107 orang dan golongan II 41 orang. "Para pelamar umumnya formasi tahun 2012 ditetapkan sebagai CPNS Kabupaten Badung terhitung mulai 1 Desember 2012 sesuai persetujuan penetapan NIP dari BKN.  (WRA)

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013