Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali, menjalin bekerja sama dengan Universitas La Rochelle Prancis dalam rangka Tri Dharma Perguruan Tinggi.
 
"Kerja sama dengan Universitas La Rochelle Prancis terkait program percepatan 'fast track' dengan perguruan tinggi luar negeri. Program premium ini yang sebelumnya telah berjalan dengan Ming Chi University of Technology, Taiwan," kata Rektor Undiksha I Wayan Lasmawan, Kamis.
 
Menurutnya, kerja sama tersebut sebagai upaya kampus pendidikan terbesar di Pulau Dewata tersebut untuk terus memperkuat hubungan yang telah dijalin sejak 2012 lalu dalam berbagai bidang lingkup Tri Dharma Perguruan Tinggi.
 
Lasmawan menyampaikan kehadiran Rektor La Rochelle Universite beserta perwakilannya di Undiksha merupakan kehormatan besar.
 
"Kehadiran mereka menandakan posisi Undiksha yang semakin diperhitungkan di tingkat internasional," ujarnya.
 
Kerja sama tersebut ke depan meliputi program "fast track" 3+2, yaitu mahasiswa menempuh pendidikan jenjang sarjana selama tiga tahun di Undiksha dan jenjang magister dua tahun di La Rochelle Universite.

Baca juga: Undiksha Singaraja adakan kejuaraan badminton tingkat nasional
 
Program ini bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan di Undiksha dan memperkuat posisi Undiksha dalam rangka mencapai visi menjadi perguruan tinggi unggul di Asia pada tahun 2045.
 
Visi tersebut juga sejalan dengan visi Rektor Undiksha periode 2023-2027, yakni menjadikan Undiksha sebagai perguruan tinggi bereputasi internasional dalam bidang pendidikan dan kepemimpinan.
 
"Kerja sama ini semakin memperkuat status kelembagaan Undiksha sebagai universitas. Kami berharap kerja sama ini tidak hanya sebatas penandatanganan MoU, tetapi juga diiringi dengan peningkatan kualitas program dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi," lanjut Prof. Lasmawan, yang berasal dari Desa Bonyoh, Kintamani.
 
Sementara itu, Rektor La Rochelle Universite, Prof. Jean Marc Ogier juga menyambut baik kerja sama ini dan berharap kolaborasi ini dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan dan peningkatan daya saing kedua universitas.

Baca juga: Undiksha Singaraja resmikan laboratorium dukung riset para akademisi
 
Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan oleh Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Lasmawan bersama Rektor La Rochelle Universite, Prof. Jean Marc Ogier.
 
Rektor Undiksha didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama, Prof. Dr. Gede Rasben Dantes, serta Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Umum, Prof. Dr. I Wayan Artanayasa.
 
Acara ini juga dihadiri oleh enam mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang akan mengikuti seleksi program Fast Track untuk periode September 2025.
 
Selain itu, turut hadir pula perwakilan dari Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Teknik dan Kejuruan, serta Fakultas Ekonomi Undiksha.

Dengan kerja sama ini, Undiksha berharap dapat terus meningkatkan reputasi internasionalnya dan memberikan peluang pendidikan terbaik bagi mahasiswa dalam menghadapi tantangan global.*

Pewarta: IMBA Purnomo/Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024