Komando Distrik Militer (Kodim) 1617 Jembrana, Bali membersihkan Pantai Baluk Rening Jembrana yang merupakan salah satu objek wisata di daerah itu sebagai bagian dari agenda peringatan HUT Ke-79 TNI.
 
"Selain mengantisipasi penumpukan sampah yang bisa menyebabkan banjir, kami ingin memberikan kenyamanan kepada pengunjung di objek wisata ini dengan pantai yang bersih," kata Komandan Kodim 1617/Jembrana Letnan Kolonel Infantri Muhammad Adriansyah saat membersihkan pantai yang masuk wilayah Desa Baluk, Kecamatan Negara itu, Rabu.
 
Dia mengatakan, selain melakukan gotong royong bersama sejumlah institusi seperti Polres Jembrana, Batalyon Mekanis 741/Garuda Nusantara, TNI AL, Satpol PP, pelajar dan aparat serta masyarakat desa setempat, pihaknya juga mengimbau untuk selanjutnya masyarakat bisa peduli dengan kebersihan lingkungan.

Baca juga: Pesawat TNI AU giat latihan manuver di langit IKN
 
Sampah yang menumpuk khususnya di saluran air, kata dia, menjadi penyebab utama banjir di saat musim hujan.
 
"Fokus Kodim 1617 Jembrana dalam HUT TNI kali ini adalah kebersihan lingkungan. Selain di pantai ini, kami akan melakukan hal serupa di Pasar Ijogading Negara," katanya.
 
Rencananya gotong-royong di pasar yang jika malam hari areal parkirnya dimanfaatkan untuk pasar senggol tersebut akan dilakukan pada 7 Oktober mendatang.
 
Pantauan di lokasi, ratusan anggota TNI, Kepolisian, Satpol PP, aparat desa hingga pelajar membersihkan sampah maupun semak-semak di pantai yang ramai dikunjungi warga lokal pada hari Sabtu dan Minggu tersebut.
 
Pantai Baluk Rening merupakan objek wisata yang menawarkan pemandangan tenggelamnya matahari saat senja, serta lalu lalang sampan dari nelayan sekitar objek wisata tersebut.

Baca juga: TNI datangi Polres Jembrana kado kejutan Hari Bhayangkara
 
Beberapa tahun lalu, kondisi pantai ini sempat porak poranda karena terjangan abrasi, namun kondisi tersebut pulih setelah pemerintah pusat membangun senderan pengaman pantai.
 
Untuk wisatawan yang ingin menginap di lokasi, juga tersedia beberapa hotel yang berlokasi di pinggir pantai.

Pewarta: Gembong Ismadi/Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024