Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bali menggelar acara mancing berhadiah dengan diikuti pimpinan dan anggota DPRD provinsi setempat bersama jajaran eksekutif Pemprov Bali dalam menyambut HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Adi Wiryatama saat membuka lomba mancing di areal kolam DPRD Bali di Denpasar, Jumat, mengatakan lomba mancing tersebut merupakan salah satu cara para wakil rakyat untuk merayakan dan menyambut Hari Kemerdekaan.

"Para pahlawan telah berjuang memerdekakan Indonesia menggunakan bambu runcing, mengorbankan darah dan jiwanya. Kita wajib menghormati jasa para pahlawan dengan cara merayakan 17 Agustus, minimal di DPRD Bali dengan lomba mancing seperti ini," ucapnya.

Lomba mancing juga dipandang sebagai salah satu hiburan yang bernuansa kerakyatan. "Kita wakil rakyat, jadi hiburannya bernuansa kerakyatan. Kalau kita pakai golf, tidak bisa diikuti oleh semuanya," ujarnya berseloroh.

Selain itu, sebagai upaya menyemangati para petani supaya mau memelihara ikan dan menggalakkan masyarakat untuk mengkonsumsi ikan yang tentunya menyehatkan.

Menurut dia, lomba mancing melatih kesabaran untuk mendapatkan ikan, juga bermakna agar masyarakat Bali juga bisa bersabar untuk melihat hasil-hasil dari apa yang telah dikerjakan pemerintah.

Baca juga: 700 peserta ikuti lomba mancing se-Bali di Bangli

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra mengatakan melalui lomba mancing itu sebagai salah satu cara untuk melatih kesabaran.

"Kita jadi belajar mendeteksi di mana posisi ikannya, melatih kesabaran karena memancing di air keruh itu sasarannya tidak terlihat, kita menggunakan insting. Tetapi yang paling penting itu happy (senang) dan kebersamaan itu yang penting," katanya.

Dewa Indra mengatakan melatih kesabaran itu penting, terutamanya dalam melaksanakan tugas sehari-hari. "Kita kali ini bersama-sama merayakan Hari Kemerdekaan, sambil membangun kebersamaan. Inti kemerdekaan itu mari kita bersama-sama membangun daerah," ucapnya.

Lomba mancing yang berlangsung selama satu jam itu memperebutkan hadiah sepeda motor listrik, kulkas, televisi dan sejumlah hadiah hiburan.

Baca juga: HUT ke-75 RI, Wabup Klungkung buka Lomba Mancing Kemerdekaan RI di Sungai Unda

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024