Penjabat (Pj)  Bupati Buleleng Bali Ketut Lihadnyana bertatap muka dengan kalangan veteran di daerah itu sebagai upaya menghargai jasa para pahlawan kemerdekaan menjelang HUT Ke-79 Republik Indonesia (RI) .
 
"Tatap muka yang dilaksanakan juga sebagai upaya melakukan peringatan Hari Veteran Nasional Ke-75," kata Lihadnyana di hadapan puluhan veteran, Buleleng, Jumat.
 
Ia menjelaskan veteran memegang peranan penting dalam upaya memerdekakan Indonesia. Veteran juga berpengaruh besar terhadap kondisi kehidupan yang dirasakan saat ini.
 
Dia menjelaskan nilai-nilai perjuangan yang dapat dipetik dari para pahlawan harus senantiasa dikenang selamanya. Namun demikian, lanjutnya, pada  usia ke-79 RI masih ada masyarakat Buleleng yang membutuhkan uluran tangan. Di sanalah pemerintah daerah (pemda), kata dia, diharapkan hadir dan membantu masyarakat.
 
Pemkab Buleleng, lanjutnya, terus berupaya mengisi kemerdekaan dengan memerangi kemiskinan dan kebodohan di kabupaten ujung utara Pulau Dewata tersebut.

Baca juga: Wagub Bali ajak veteran bagikan pesan perjuangan ke pelajar
 
Oleh karena itu bertepatan dengan kegiatan tatap muka veteran, kata dia, Pemkab Buleleng juga melakukan pemberian Bantuan Sosial Umum (BSU) kepada masyarakat kurang mampu.
 
“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada perangkat daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) karena telah menyisihkan waktu, tenaga, rejeki untuk membantu saudara kita dengan cara mendatangi langsung. Mudah-mudahan ini menjadi budaya ke depan dan nilai-nilai perjuangan itu dapat menginternalisasi diri kita masing-masing,” ungkapnya.
 
Lihadnyana memberikan apresiasi kepada para veteran yang telah berjuang. Ia berdoa agar para veteran dan keluarga veteran diberikan anugerah dan pahala oleh Tuhan, serta diberikan kemudahan dalam hidup.
 
“Semoga para veteran dan keturunannya senantiasa diberikan anugerah dan pahala oleh Tuhan, berumur panjang, diberikan kemudahan dalam hidup dan menjadi orang berguna serta dapat berpartisipasi dalam membangun daerah ini,” katanya.
 
Pihaknya berharap agar jalinan silaturahmi terus berlanjut, bahkan semakin erat dan terus diberikan semangat dalam bersinergi mewujudkan Indonesia maju.
 
Dalam acara tatap muka itu Pj Bupati Buleleng menyerahkan bingkisan kepada 50 orang veteran, BSU kemiskinan ekstrem kepada enam Kelompok Penerima Manfaat (KPM), dan BSU disabilitas DTKS non-program kepada 239 KPM.

Baca juga: Rumah sakit gigi di Bali siapkan pelayanan gigi palsu untuk veteran

Pewarta: IMBA Purnomo/Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024