Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Badung, Bali terus melakukan berbagai program dan inovasi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya kepada masyarakat di wilayahnya.
 
“Kami mendukung penuh TP PKK Kabupaten Badung untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan baik sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat," ujar Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta saat mendampingi Ketua Umum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian yang melakukan kunjungan kerja di wilayah Badung, Senin.
 
Dia mengatakan PKK sebagai mitra kerja pemerintah mempunyai tujuan yang sangat mulia, salah satunya adalah mensejahterakan masyarakat.
 
Ia mengatakan selama ini kegiatan PKK Khususnya di Kabupaten Badung melalui 10 program pokok yang sudah sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.
 
“Gerakan PKK dengan berbagai inovasinya yang sesuai dengan arahan pusat telah memberikan perhatian seperti kepada ODGJ yang sudah dilaksanakan secara cara jemput bola atau door to door,” kata dia.
 
Selain itu, Bupati Giri Prasta menjelaskan di Badung program Posyandu yang dibentuk Tim Penggerak Posyandu di setiap Banjar telah rampung 100 persen. 
 
“Untuk sektor kebersihan peran PKK juga mengedepankan kesetaraan gender, salah satu contohnya ada di wilayah Darmasaba  Badung yang mengedepankan desa dengan memilah sampah plastik lalu digunakan untuk membantu kebutuhan rumah tangga ibu-ibu PKK dalam membantu suami,” kata dia.
 
Menurut dia, dengan melihat gerakan di lapangan keberadaan TP PKK di Badung sudah berjalan dengan bagus dan telah terjalin komunikasi dan sinergi yang baik dengan Organisasi Perangkat Desa di Badung.
 
“Ini membuat program-program pemerintah dapat berjalan dengan baik sehingga ini dinamakan peran sinergi dalam menjadi mitra kerja. Saya berharap Kabupaten Badung ini menjadi role model tingkat nasional,” ungkap Bupati Giri Prasta.
 
Ia menambahkan, dirinya juga mengapresiasi kunjungan kerja itu dalam upaya tata kelola program pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga yang dilaksanakan. 
 
“Saya pandang ini dapat menyatukan pemahaman dan koordinasi yang padu antara TP PKK Pusat dengan segenap TP PKK Provinsi Bali dan Kabupaten Badung. Semoga sinergitas yang padu dan harmonis antara segenap anggota PKK baik di pusat maupun daerah dapat terwujud,” katanya.
 
Sementara itu, Ketua TP PKK Pusat  Tri Tito Karnavian menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Badung, Pengurus TP. PKK Provinsi maupun PKK Kabupaten atas dedikasinya dan kerja kerasnya memajukan gerakan PKK di Wilayah Bali. 
 
Ia mengaku mengikuti perkembangan gerakan PKK di Provinsi Bali dan Kabupaten Badung dengan penuh rasa bangga karena pengurus dan kader PKK di Bali dinilai telah menunjukan komitmen dan semangat yang luar biasa dalam menjalankan 10 Program PKK.
 
“Keberhasilan ini merupakan bukti nyata komitmen dan semangat PKK Bali dalam mewujudkan keluarga-keluarga yang sejahtera dan berkualitas. Dedikasi ini semua dalam menggerakkan PKK di tingkat Desa, Kelurahan, Kecamatan, hingga Kabupaten/Kota, patut menjadi inspirasi bagi kita semua,” kata dia.
 
Ia juga mengajak seluruh pengurus TP PKK agar terus berkarya dan berinovasi dalam menjalankan program-program PKK dan menjadikan PKK sebagai organisasi yang inklusif dan partisipatif, yang mampu menjawab kebutuhan dan permasalahan di masyarakat, khususnya dalam upaya pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.
 
“Saya yakin bahwa dengan kerja sama dan gotong royong kita dapat menjadikan PKK sebagai organisasi yang maju dan bermartabat. PKK harus menjadi organisasi yang mampu membawa perubahan positif bagi kehidupan masyarakat, khususnya dalam upaya memberdayakan dan mensejahterakan keluarga,” pungkas Tri Tito Karnavian.

Pewarta: Fikri Yusuf/Rolandus Nampu

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024