Pekanbaru (Antara Bali) - Pertumbuhan hotel di Kota Pekanbaru sebagai ibu kota Provinsi Riau kian marak, sejalan dengan banyaknya peristiwa nasional yang digelar dan telah menjelma sebagai salah satu kota tujuan bisnis di Pulau Sumatera.

"Pada tahun lalu setidaknya ada lima hotel yang baru beroperasi di Pekanbaru dan berstatus bintang tiga ke atas," ujar Public Releation Primier Hotel Pekanbaru Eva Susanti, kepada ANTARA di Pekanbaru, Selasa.

Dia menjelaskan, kelima hotel tersebut yakni New Holywood Hotel yang terletak di Jalan Kuantan Raya, kemudian Swiss Bellin SKA Pekanbaru di Jalan Soekarno-Hatta, Arowana Hotel di Jalan Sultan Syarif Kasim, Grand Central di Jalan Sudirman dan terakhir Citytel di Jalan Sisingamagaraja.

Acara Pekan Olahraga Nasional (PON), kemudian Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) dan beberapa acara lainnya telah menarik hati para penyedia bisnis jasa terutama dibidang akomodasi di daerah yang dijuluki sebagai "kota bertuah".

Pertumbuhan ekonomi di Riau yang kuat dan masih akan tetap tumbuh pada tahun ini diatas rata-rata pertumbuhan nasional, diperkirakan masih menjadi penarik hati investor untuk menyediakan akomodasi yang lebih baik bagi.

Kemudian ditopang oleh Riau yang dikenal sebagai daerah penghasil minyak dan gas bumi (migas), serta dua raksasa perusahaan kertas lalu perkebunan kelapa sawit dan karet, tambang batubara dan lain-lain.

"Semuanya membutuhkan akomodasi yang aman dan nyaman. Pekanbaru sudah memiliki banyak hotel yang memenuhi standar nasional dan internasional untuk penyelenggaraan berbagai acara," katanya. (LHS)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013