Kapolda Bali Inspektur Jenderal (Irjen) Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra memantau pelaksanaan rekapitulasi perolehan suara pemilu di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pekutatan, Kabupaten Jembrana.

"Anggota yang jaga harus tetap semangat dan menjaga Kamtibmas agar proses rekapitulasi suara di PPK berjalan lancar serta aman," katanya saat mengunjungi daerah pemilihan (dapil) di Kabupaten Jembrana, Rabu.
 
Terkait situasi di ppk yang beberapa hari lalu sempat didatangi massa baik yang keberatan dengan proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS maupun yang mendukung petugas penyelenggara pemilu, Kapolres Jembrana Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Endang Tri Purwanto mengatakan, aksi tersebut tidak sampai mengganggu rekapitulasi di PPK Pekutatan.
 
Dia mengatakan, kegiatan rapat pleno rekapitulasi suara pemilu masih berlangsung dan berjalan lancar di PPK tersebut.
 
Menurut dia, rekapitulasi suara yang sudah selesai adalah dari tps Desa Medewi, Pulukan, Asahduren, Pangyangan dan Pekutatan.

"Untuk yang sedang berlangsung sekarang adalah rekapitulasi untuk Desa Manggissari yang sudah mencapai tujuh tps," katanya.
 
Dia mengungkapkan, untuk hari Kamis (22/2) akan dilaksanakan rapat pleno rekapitulasi suara untuk Desa Gumbrih dan Pengeragoan dengan total 21 tps.
 
Selain Kapolres Jembrana, kunjungan Kapolda Bali ini juga diterima Camat Pekutatan I Wayan Yudana, Ketua PPK Pekutatan I Nengah Mudiana dan Ketua Panwaslu Kecamatan Pekutatan Komang Edi Wirawan.
 
Sebelumnya hari Sabtu (17/2) lalu, ratusan massa mendatangi PPK Pekutatan menyampaikan keberatan dan mempertanyakan mempertanyakan ratusan surat suara yang tidak sah karena rusak seperti robek.
 
"Surat suara itu tidak sah bukan karena salah coblos, tapi karena ada robekan. Ini janggal, kok bisa surat suara robek dan jumlahnya lumayan banyak," kata Wayan Wasa selaku perwakilan massa.
 
Sehari kemudian yaitu Minggu (18/2) giliran massa yang mendukung penyelenggara pemilu melakukan aksi damai di PPK Pekutatan.

"Kami mendukung penuh tugas-tugas seluruh penyelenggara pemilu. Kami minta seluruh jajaran penyelenggara khususnya PPK Pekutatan bisa melaksanakan rapat pleno rekapitulasi suara dengan tenang dan aman," kata koordinator warga I Komang Gede Merta.

Pewarta: Gembong Ismadi/Rolandus Nampu

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024