Bupati Tabanan, Bali I Komang Gede Sanjaya, Senin, membuka langsung pergelaran seni budaya di sepanjang Jalan Gajah Mada Tabanan serangkaian perayaan HUT ke-530 Kota Tabanan.

Parade budaya nasional dengan tema Gema Singgasana "Tabanan masa lalu, kini dan nanti" tersebut dibuka dengan tanda membunyikan alat musik khas okokan dan tabuh gebyar tridatu.

Pergelaran itu melibatkan ratusan seniman dan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat yang mengedepankan seni budaya Tabanan dengan mengangkat ragam seni budaya di seluruh Indonesia, termasuk di antaranya Parade Barong, Rodat Candi Kuning, Reog Ponorogo, Gandrung Banyuwangi.

Bupati Tabanan pun mengapresiasi tema "Tabanan masa lalu, kini dan nanti" yang diusung dalam memeriahkan parade budaya itu.

"Tema ini menjadi sangat menarik, karena kesenian yang disuguhkan berkaitan dengan kondisi Tabanan di masa lampau yang sarat akan nilai-nilai sejarah, Tabanan masa kini yang terus berbenah dan harapan-harapan yang ingin dicapai pada Tabanan di masa depan. Selain itu, pagelaran ini juga didukung oleh seniman-seniman yang mumpuni di bidangnya,"ujarnya.

Karena itu, kata Sanjaya, pergelaran tersebut patut dirayakan dengan penuh sukacita dengan semangat meliang-liang.

"Terbukti saya beserta istri dan didampingi oleh anggota Forkopimda beserta seluruh kepala OPD bersama pasangannya, ikut ambil bagian secara langsung dalam prosesi pelaksanaan parade budaya ini," ujar Sanjaya.

Sanjaya berpesan perayaan HUT Kota Tabanan di masa Tabanan era baru ini adalah perayaan bersama, perayaan rakyat Tabanan.

"Semoga semangat ini dapat menjadi pemantik bagi kemajuan Kabupaten Tabanan kedepannya. Saya berharap kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga soliditas dan mengawal pembangunan di Kabupaten Tabanan yang saat ini sedang berbenah. Di atas semua itu, saya selaku kepala daerah mengucapkan selamat merayakan hari kelahiran Kota kita semua, selamat berparade dan selamat bersuka cita kepada kita semua," kata Sanjaya.


Baca juga: Bupati Tabanan: Kawasan IT BRI satukan TI dengan kearifan budaya

Baca juga: Pemkab Tabanan Bali gelorakan gemar makan ikan untuk cegah stunting

Baca juga: BPN Tabanan buat aplikasi Singasana permudah layanan pertanahan

Baca juga: Pemkab Tabanan dan Polda Bali jamin Pemilu berjalan aman

Baca juga: Bupati Tabanan minta seniman terus berkreasi hasilkan karya yang bagus

Pewarta: Pande Yudha/Rolandus Nampu

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023