Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya meminta para seniman di daerahnya terus berkreasi dan menghasilkan karya seni yang dapat menarik perhatian banyak orang.

Hal itu disampaikan Gede Sanjaya dalam acara sarasehan seni Komunitas Perupa Tabanan Maharupa Batukaru dengan tema “Bergerak Bersama Lumbung Seni Menuju Tabanan Era Baru” yang digelar di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan, Bali, Selasa.

Bupati mengatakan masyarakat harus bangga sebagai orang Tabanan karena selain dengan potensi alam yang lengkap, daerah itu juga identik dengan keseniannya begitu mengagumkan.

“Apapun bisa menjadi seni ketika mendapatkan sentuhan orang Tabanan. Lihatlah seni tari, gerak seekor kumbang pun bisa menjadi tarian yang sangat mengagumkan ketika diasah oleh I Ketut Maria. Lihatlah dalam bidang seni rupa, di tangan Bapak Nyoman Nuarta, seni rupa menjadi sangat monumetal. Lihatlah seni ukur di Tabanan, lihatlah seni lukisnya, semuanya hadir dengan spirit berkesenian yang sangat luar biasa," ujarnya.

Sanjaya pun memotivasi para seniman agar terus berkreasi menciptakan karya-karya yang menarik. Orang nomor satu di Tabanan itu pun menyampaikan apresiasinya bagi perupa yang telah menghasilkan karya-karya terbaiknya dan telah ikut mengharumkan nama baik Kabupaten Tabanan.

Baca juga: Pameran The Land of Art ingatkan seniman perlunya ikuti tren

“Saya menilai pelaksanaan sarasehan seni, Komunitas Maharupa Batukaru ini adalah sebuah acara yang penting untuk dilaksanakan karena waktunya bertepatan dengan rangkaian HUT Kota Tabanan yang ke-530," kata Bupati asal Dauh Pala Tabanan itu.

Gede Sanjaya berharap momentum sarasehan itu dapat dijadikan sebagai tonggak lahirnya kembali tokoh-tokoh seni rupa dengan cara kembali merangkul generasi muda, sekaligus sebagai pemetaan bagi para perupa yang ada di Kabupaten Tabanan agar bisa terhimpun menjadi satu komunitas atau wadah, sehingga bisa menyatukan konsep secara berkesinambungan.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan sarasehan I Made Yudiana menyampaikan terima kasihnya kepada Bupati Tabanan yang telah menginisiasi serta memfasilitasi kegiatan sarasehan sebagai bentuk kolaborasi kerja sama dan sinergi yang baik antara pemerintah Kabupaten Tabanan dengan para perupa yang ada di Kabupaten Tabanan.

“Kami beserta seluruh perupa Tabanan menghaturkan banyak-banyak terima kasih kepada Bupati atas dukungan ide-ide dan pendanaan, sehingga sarasehan hari ini dapat berjalan sesuai dengan rencana. Kami berharap kegiatan ini dapat berlanjut di masa yang mendatang, sehingga iklim kesenian di Kabupaten Tabanan bisa tumbuh ke arah yang lebih baik,” katanya.

Secara terpisah, salah seorang seniman I Wayan Susana berharap agar kegiatan itu dapat memberikan sinergi yang positif untuk kesenian di Tabanan dan semoga terselenggaranya kegiatan itu dapat membuat iklim kesenian di Tabanan semakin maju serta menjadi motivasi positif untuk seniman-seniman muda di Tabanan agar bisa berkembang lebih baik dan melahirkan karya-karya yang kreatif.

Baca juga: Seniman Bali dan Australia berkolaborasi pamerkan karya refleksi masa depan bumi

Pewarta: Rolandus Nampu/Pande Yudha

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023