Pemerintah Kabupaten Badung, Bali meminta seluruh masyarakat di wilayah itu terus mempertahankan semangat kebangkitan nasional dengan merapatkan barisan perjuangan dan menunjukkan kerja keras, cerdas, dan bersama.

"Ini harus terus dilakukan seluruh komponen masyarakat demi kemandirian dan kemajuan Kabupaten Badung dan Bangsa Indonesia yang berkelanjutan," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa saat peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 pada 2023 di Mangupura, Senin.

Ia mengatakan generasi saat ini juga harus bisa memahami dan mampu mewujudkan kemandirian bangsa.

Menurut dia, generasi yang mau berjuang untuk kemandirian bangsanya adalah mereka yang mencintai generasi para penerusnya dan mencintai Tanah Air Indonesia.

Menurut dia, dalam mengisi kemerdekaan, perjuangan yang dapat dilakukan masyarakat saat ini, salah satunya memerangi kebodohan dan kemiskinan dalam arti luas.

"Upaya ini yang harus terus kami lakukan secara bersama-sama dan holistik saat ini dalam rangka mencapai 'Indonesia Emas'," kata Sekda Wayan Adi Arnawa.

Pada tahun 2023, peringatan Hari Kebangkitan Nasional mengambil tema "Semangat untuk Bangkit".

Ia menambahkan Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap 20 Mei itu, pengingat masyarakat terhadap tonggak penting perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Momentum itu, katanya, ditandai dengan penguatan kesadaran kalangan cendekiawan dalam wadah organisasi pergerakan nasional, Budi Utomo, di bawah pimpinan Dr. Soetomo, dalam menggelorakan pentingnya semangat nasionalisme yang kuat untuk mempersatukan bangsa.

"Semangat nasionalisme itu demi melawan penjajahan di Tanah Air serta mewujudkan cita-cita kemerdekaan atas bangsa Indonesia. Oleh karena itu, saat ini kami harus satu tujuan dalam mengisi kemerdekaan untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan," kata Wayan Adi Arnawa.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023