Penjabat Bupati Buleleng, Bali, Ketut Lihadnyana mengharapkan peran Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dalam mendukung pembangunan kabupaten ujung utara Pulau Dewata tersebut.

"Wanita memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi daerah. Oleh sebab itu, wanita diharapkan aktif berpartisipasi memaksimalkan percepatan pembangunan bersama dengan pemerintah daerah," kata Ketut Lihadnyana melalui siaran pers yang diterima Antara, Minggu.

Ia menyampaikan, pembangunan di Kabupaten Buleleng harus dilakukan secara bersama-sama dan terintegrasi dengan menempatkan wanita untuk berkontribusi dalam menyukseskan pembangunan. 

Menurutnya, GOW dalam hal ini merupakan organisasi yang sangat strategis karena akumulasi struktur pembangunan Kabupaten Buleleng memiliki prioritas pada aspek pemajuan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). 

Untuk itu, Lihadnyana berharap langkah nyata dari GOW untuk berpartisipasi dalam pembangunan di Kabupaten Buleleng, jadi tidak hanya pada acara seremonial saja. 

Penjabat bupati asal Desa Kekeran itu mencontohkan, pada saat ini Kabupaten Buleleng tengah berjibaku pada program prioritas yaitu pengentasan kemiskinan ekstrim dan penurunan angka stunting.

"Harus wujudkan setidaknya sebuah karya nyata di dalam memberikan kontribusi atas pembangunan di Kabupaten Buleleng, saya harapkan seperti itu, selanjutnya harus melakukan program kerja baik jangka pendek, menengah, dan panjang," demikian pinta Lihadnyana.

Menanggapi penyampaian Penjabat Bupati Lihadnyana, Ketua GOW, Ida Ayu Wardhany mengatakan sudah menyiapkan program kerja jangka panjang khususnya pengentasan stunting. 

Program yang bernama BAAS atau Bunda Asuh Anak Stunting itu akan melibatkan seluruh organisasi wanita yang tergabung di dalam GOW. Ayu Wardhany optimis program ini efektif karena akan memungkinkan anggotanya untuk memberikan penanganan langsung yang intens kepada anak stunting. 

"Anak stunting menjadi anak asuh, itu kan lebih riil ya, kalau kita hanya datang mengunjungi dan memberi bantuan sosial kan sesaat saja, sedangkan program ini akan dilakukan sampai tuntas sang anak lepas dari stunting," tutupnya

Pewarta: IMBA Purnomo/Naufal Fikri Yusuf

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023