Penjabat Bupati Buleleng, Bali Ketut Lihadnyana mengajak masyarakat di daerah itu untuk mendukung keberadaan ekonomi rakyat sebagai upaya stimulus peningkatan kualitas pembangunan yang menyeluruh dalam semua sektor.

"Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-419 Kota Singaraja menjadi momentum bangkitnya sektor sosial dan ekonomi masyarakat. Setelah hampir tiga tahun terkena dampak pandemi COVID-19," kata Lihadnyana saat apel HUT Kota Singaraja, Kamis.

Ia mengatakan, adapun potensi sektor pertanian dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) digenjot untuk mewujudkan Buleleng yang kuat, unggul, adaptif, dan tangguh.

Lihadnyana juga mengajak seluruh masyarakat di kabupaten ujung utara Pulau Dewata tersebut untuk tidak melihat perbedaan apapun. Diawali dengan momentum ini, masyarakat diajak bersatu-padu membangun Buleleng.

"Mudah-mudahan ke depan Buleleng relatif lebih maju. Kami hanya menyiapkan landasan, jalan yang licin. Siapapun pemimpinnya  semoga pencapaian lebih cepat," ungkapnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga mengatakan momen kebangkitan Buleleng dibuktikan dengan fasilitasi pelaku UMKM yang sudah terkurasi untuk tampil pada Malam Semarak Buleleng Bangkit.

Adapun sebanyak 40 UMKM diberikan tempat tanpa dipungut biaya untuk mempromosikan produknya kepada masyarakat.

'Per kemarin (Rabu 29 Maret 2023) data yang kami dapatkan, UMKM yang berjualan di Bhuana Patra sudah dapat hampir Rp250 juta," terangnya.

Pemkab Buleleng juga akan membuat kebijakan untuk lebih mengedepankan ekonomi kerakyatan dengan mendorong UMKM dan Pertanian lebih berdaya saing dan mengikuti digitalisasi.

Pihaknya juga akan terus mewadahi pelaku UMKM dan petani sehingga ekonomi kerakyatan Buleleng bisa senantiasa tumbuh dan berkembang.

"Masyarakat harus tetap optimis dan bangga menjadi warga Buleleng, kalau sudah bangga mari kita bersama-sama membangun Buleleng. Sedikit saja kita ajak maka mereka akan selalu bergerak, bergerak,dan bergerak," ungkapnya.

Puncak peringatan HUT ke-419 Kota Singaraja juga diperingati dengan Upacara di Lapangan Ngurah Rai, dihadiri pimpinan SKPD, TNI/Polri, Ketua dan Anggota DPRD Buleleng, Pramuka serta pegawai lingkup Pemkab Buleleng.

Pewarta: IMBA Purnomo/Naufal Fikri Yusuf

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023