Pemerintah Kabupaten Badung, Bali menyelenggarakan Pemilihan Duta Anak 2023 sebagai salah satu upaya untuk mendorong wilayah itu menjadi Kabupaten Layak Anak.

"Kami berharap dengan kegiatan ini bisa sebagai pemicu untuk menjadikan Badung sebagai kabupaten yang layak anak," ujar Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Badung Nyoman Gunarta dalam keterangan yang diterima di Mangupura, Senin.

Ia mengatakan Duta Anak yang terpilih pada kegiatan tersebut nantinya diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi anak-anak lainnya terutama untuk selalu memberikan suatu kreatifitas, inovasi, dalam mengikuti perkembangan peradaban.

"Sehingga harapannya, anak-anak di Kabupaten Badung bisa menjadi anak-anak yang maju, namun tetap dalam jalur peradaban yang terkini tanpa meninggalkan norma-norma yang ada," kata dia.

Pemilihan Duta Anak Kabupaten Badung tahun 2023 itu mengambil tema "Kumarrotama Perthiwi Bhakti" atau Kemilau Karya Anak Bangsa.

Nyoman Gunarta menjelaskan tema Kumarrotama Perthiwi Bhakti itu menjadi wujud bahwa anak-anak Badung dapat memerankan fungsi sebagai pelopor dan pelapor di dalam lingkungan.

Pada kegiatan itu, para peserta yang terpilih akan mewakili Kabupaten Badung, dalam Mimbar Anak Bali tahun 2023.

"Kepada duta anak Badung yang terpilih, kami berharap nantinya mereka betul-betul bisa menjadi kontributor yang aktif untuk menyuarakan aspirasi dari anak-anak Badung," tambah dia.

Sementara itu Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menambahkan anak-anak yang menjadi Duta Kabupaten Badung diharapkan mampu untuk menampilkan potensi-potensi dan kompetensinya maupun kemampuan yang mereka miliki di dalam penilaian ke tingkat Provinsi Bali.

"Kami yakin dan optimis bahwa anak-anak kita benar-benar kreatif, inovatif, dalam meraih kompetensi. Dimana mereka siap untuk mewujudkan kemandirian mereka dalam meraih masa depan, terutamanya dari segi fisik maupun mentalnya," tambah dia.

Ia juga berpesan kepada anak-anak agar terus berlatih untuk mencapai prestasi secara maksimal, sebagaimana yang telah dilakukan oleh duta anak sebelumnya.

"Tahun lalu, dari lima kategori yang dinilai, kami di Kabupaten Badung mendapatkan medali. Capaian itu mari dipertahankan dan apabila perlu ditingkatkan lagi. Kami di pemerintahan akan selalu mendukung dan membina," kata Wabup Ketut Suiasa.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023