Jakarta (Antara Bali) - Sejak dibuka pada September lalu, Museum Kata Andrea Hirata di Gantong, Belitong Timur, Bangka Belitung, dikunjungi lebih dari 7.000 orang.

"Pengunjungnya berasal dari wisatawan lokal maupun mancanegara," ujar Andrea di Jakarta, Rabu.

Museum Kata adalah museum sastra pertama di Indonesia. Museum tersebut berisi karya-karya Andrea Hirata yang telah diterbitkan dan juga terdapat beberapa karya yang belum pernah diterbitkan.

Di museum juga terdapat warung kopi Melayu asli dengan rasa kopi Belitong. Andrea Hirata merupakan penulis pertama Indonesia yang karyanya diterbitkan di lebih dari 60 negara.

Andrea mengatakan, tujuan utama dari pendirian museum tersebut adalah untuk menginspirasi generasi muda Indonesia agar tidak mudah menyerah dan berani bermimpi sesuai dengan semangat novel Laskar Pelangi.

Atas dedikasi dan pengabdiannya di bidang seni sastra tersebut, Andrea diganjar anugerah kebudayaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M Nuh, dalam acara Maestro Seni Tradisi 2012.

Menurut Andrea, karya novel tersebut juga mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Belitong dan mendukung industri pariwisata di pulau tersebut sebagai salah satu alternatif ekonomi selain timah. (*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012