Sejumlah pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Badung, Bali mengikuti kegiatan Badung UMKM Week 2022 Batch 2 di kawasan pariwisata Kuta, Bali sebagai upaya untuk memperluas jangkauan promosi dan pemasaran produk ke pasar internasional.

"Kami menyelenggarakan Badung UMKM Week 2022 Batch 2 dengan mengambil tema End of the Year's Sale dengan harapan pelaku UMKM di Kabupaten Badung dapat mempromosikan produknya secara lebih luas," ujar Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Badung IB Gede Arjana dalam keterangannya di Mangupura, Selasa.

Ia mengatakan dalam kegiatan itu pelaku UMKM menjual berbagai produknya dengan penawaran khusus berupa harga yang terjangkau dengan tetap mengedepankan kualitas produk.

Dengan strategi itu, UMKM di Kabupaten Badung akan mampu memperluas pasar sampai ke tingkat dunia dan tetap menjadi tuan di rumah sendiri.

"Kami bersinergi dengan berbagai pihak dalam kegiatan Badung UMKM Week 2022 yang kami harap dapat menjadi ajang promosi untuk lebih mengenalkan Produk UMKM Kabupaten Badung baik di tingkat nasional maupun internasional," kata dia.

Baca juga: Pesta Retail Bali Nusra SRC diikuti 2.000 toko kelontong

Gede Arjana menambahkan pihaknya di pemerintah meyakini produk-produk yang dihasilkan pelaku UMKM di Badung memiliki kualitas yang sangat baik, maka dari itu kepada Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Badung diharapkan untuk terus mendampingi UMKM setempat.

"Oleh karena itu kami sangat mendorong bahwa kegiatan ini kedepannya dapat terus dilaksanakan dan ditingkatkan," tambah dia.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Badung Made Widiana menjelaskan bahwa selain membantu akses pemasaran secara daring, Pemerintah Badung bersama para pelaku UMKM setempat juga mengupayakan kegiatan pemasaran di pusat-pusat perbelanjaan.

Selain itu, upaya promosi dan pemasaran produk juga menyasar titik-titik pusat kegiatan pariwisata yang ada di Pulau Dewata untuk menjangkau pasar yang lebih luas khususnya melalui wisatawan mancanegara yang berwisata di Badung

"Untuk kegiatan saat ini kami selenggarakan di pusat perbelanjaan di Kuta karena sasarannya tidak hanya pengunjung lokal tapi juga disasar pengunjung dari mancanegara dan ini adalah salah satu tempat pas untuk melaksanakan pameran UMKM Kabupaten Badung," ujar dia.

Baca juga: Pemkab Badung minta ASN belanja produk UMKM

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022