Politeknik Pariwisata Bali melepas 703 wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikan di tempat itu melalui wisuda yang dilaksanakan secara luring setelah dua tahun terakhir secara daring.

"Jumlah wisudawan dan wisudawati tahun ini adalah yang tertinggi dalam delapan tahun terakhir," ujar Direktur Politeknik Pariwisata Bali Ida Bagus Putu Puja saat pelaksanaan Wisuda XXVIII Politeknik Pariwisata Bali di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Kamis.

Ia mengatakan peserta Wisuda XXVIII Politeknik Pariwisata Bali Tahun 2022 terdiri atas wisudawan Program Magister Terapan 20 orang, Program Strata 1 (104), Program Diploma 4 (298), serta Program Diploma 3 (281).

Peningkatan jumlah wisudawan tersebut pada tahun ini juga diikuti oleh peningkatan rata-rata Indek Prestasi Kumulatif (IPK) secara keseluruhan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Ia menjelaskan rata-rata IPK pada tahun lalu 3,60 sedangkan tahun ini 3,64.

"Sedangkan untuk Indeks Prestasi Kumulatif tertinggi juga mengalami peningkatan di mana tahun 2021 IPK tertinggi adalah 3,97 sedangkan tahun 2022 ini IPK tertinggi sebesar 3,99," kata dia.

Ia mengharapkan proses pendidikan yang telah dilalui para wisudawan memberikan hikmah dan membentuk karakter, baik dari sisi nalar maupun pendewasaan.

Baca juga: Kemenparekraf-Politeknik Negeri Bali kembangkan desa wisata

Menurutnya, wisuda itu juga jembatan untuk mencapai tujuan selanjutnya di dunia kerja bagi para wisudawan yang siap bekerja untuk meraih kesuksesan dan puncak dari proses studi yang panjang.

"Para wisudawan yang mengikuti prosesi wisuda dan menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi patut mensyukuri dengan penuh kegembiraan serta suka cita atas pencapaian yang luar biasa ini," ungkap Ida Bagus Putu Puja.

Politeknik Pariwisata Bali juga berterima kasih kepada para orang tua wisudawan dan wisudawati yang telah mempercayakan pendidikan anaknya dalam menempuh pendidikan kepariwisataan.

"Terima kasih juga karena telah memberikan dukungan moral dan finansial sehingga kami dapat memberikan yang terbaik untuk pendidikan putra putrinya," ujar dia.

Pihaknya juga berterima kasih kepada mitra kerja seperti industri pariwisata, pengarah tenaga kerja yang telah mempercayai para alumnus untuk bergabung dalam menyiapkan lapangan kerja serta tempat praktik kerja industri.

Baca juga: Politekpar Bali lakukan PKM di Desa Candi Kuning Tabanan

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022