Kegiatan Pengabdian Masyarakat Politeknik Pariwisata Bali dilaksanakan oleh Program Studi Administrasi Perhotelan merupakan salah satu dari tugas pokok atau fungsi dari lembaga pendidikan tinggi, yaitu pengajaran, dan pengabdian kepada masyarakat (PKM).  

Kegiatan ini adalah kelanjutan dari program kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Desa Candi Kuning yang sudah dilakukan sebelumnya dalam upaya meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pengelolaan akomodasi wisata.  

Kegiatan "Pelatihan Pengelolaan Pelayanan di bidang Food and Beverage bagi Pengelola Akomodasi Wisata Dajan Danu Bedugul” dibuka Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tabanan Drs. IGN Suryana yang berlangsung selama dua hari (11-12 April 2022).

Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Bali Drs. I Gusti Agung Suprastayasa M.Ed mewakili Direktur Politeknik Pariwisata Bali mengucapkan terima kasih kepada Kepala  Desa (Prebekel) Candi Kuning beserta jajarannya telah memfasilitasi kegiatan PKM tersebut, sehingga dapat terlaksana dengan baik.  

Ia mengharapkan kegiatan ini dapat memberikan kontribusi, khususnya kepada peserta, dan juga kepada masyarakat Desa Candi Kuning. Kerja sama yang telah terjalin baik selama ini dipererat dengan penandatanganan Nota Kesepahaman ((Memorandum of Agreement/ MoU) antara Prodi Administrasi Perhotelan (ADH) dengan Desa Candi Kuning.

"Kami harapkan dengan MoU antara Politeknik Pariwisata Bali dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Tabanan untuk menjalin kerja sama yang berkaitan dengan pariwisata," ucapnya.

https://img.antaranews.com/file/2022/09/25/20220925edisi-khusus-i.pdf

Koordinator Prodi Administrasi Perhotelan (ADH) Poltekpar Bali, I Gusti Agung Witarsana, MM, CHE menyampaikan kegiatan PKM dilaksanakan selama dua hari ini , yakni kegiatan sosialisasi dan praktek lapangan untuk meningkatkan   kemampuan para peserta. Sehingga masyarakat Desa Candi Kuning dapat memperoleh pengetahuan dan praktek dalam mengembangkan akomodasi wisata daerahnya.

Kegiatan PKM melibatkan 30 peserta terdiri dari para pengelola dan karyawan akomodasi wisata, khususnya glamping di Desa Candi Kuning. Kegiatan pada hari pertama adalah sosialisasi dengan narasumber dari Dinas Pariwisata Kabupaten Tabanan dan praktisi pengelola glamping.  

Sedangkan pada hari kedua, dilakukan kegiatan praktek, yaitu "table set up and cooking class" membuat "Tom Yum Soup dan Barbeque & Grill" dari dosen dan mahasiswa ADH.

Narasumber dalam kegiatan antara lain Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tabanan Drs. IGN Suryana dan Ni Made Ratih Kumala Dewi selaku Operational Manager Alam Caldera, Kintamani Bali.

Sekretaris Desa Candi Kuning I Nengah Mudita menyampaikan apresiasinya atas komitmen Poltekpar Bali untuk melanjutkan kegiatan PKM yang telah dilakukan sebelumnya tahun 2021.  

Desa Candi Kuning telah dikenal sebagai obyek wisata Bedugul dengan Pura Ulun Danu Beratan sebagai destinasi utamanya akan dapat semakin meningkatkan kualitas pelayanan kepada wisatawan yang berkunjung. (*)

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022