Pemerintah Kabupaten Badung Bali melakukan sejumlah program untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam bidang Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Pemerintah.

"Kami di pemerintahan mendorong peningkatan kapasitas sumber daya aparatur khususnya dalam bidang pengadaan barang atau jasa pemerintah," ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa dalam keterangan yang diterima di Mangupura, Selasa.

Ia mengatakan, salah satu program yang dilakukan untuk meningkatkan kapasitas SDM di Badung adalah dengan melalui pelaksanaan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas SDM Bidang PBJ Pemerintah dengan topik Pengadaan Barang dan Jasa Berdasarkan Perubahan Kedua Perpres Nomor 16 Tahun 2018.

Kegiatan tersebut diselenggarakan Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Badung dengan perusahaan-perusahaan yang bersinergi dengan Pemkab Badung.

Sekda Adi Arnawa mengatakan, Pemkab Badung sangat menyambut baik langkah Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) yang sudah berjalan selama ini termasuk dalam membantu pemerintah meningkatkan kapasitas sumber daya manusia.

"Komitmen kami di Pemkab Badung dalam pencapaian target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dapat diwujudkan dengan berkolaborasi bersama berbagai pihak salah satunya dalam bentuk tanggung jawab sosial perusahaan ini," kata dia.

Baca juga: Badung tingkatkan kompetensi ASN melalui Rencana Aksi Pengembangan SDM

Pemkab Badung menurut Sekda juga mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang dalam kondisi pandemi COVID-19 masih berkomitmen untuk memberi bantuan yang ditujukan untuk seluruh lapisan masyarakat Badung dan Bali pada umumnya.

Ia mengajak perusahaan-perusahaan yang ada di Badung untuk terus bersinergi dengan pemerintahan dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan demi kemajuan Badung beserta seluruh masyarakatnya.

"Untuk itu kami berharap Forum TJSP ini bisa membangun koordinasi yang baik antara perusahaan dengan pemerintah untuk keberlangsungan pembangunan daerah yang lebih berkualitas dan berkelanjutan di Badung," ungkap Sekda Adi Arnawa.

Sementara Ketua Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Badung I Gede Suarsa menjelaskan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas SDM Bidang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah itu dilakukan dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan demi kesejahteraan bersama.

Pihaknya berharap pelaksanaan bimbingan teknis tersebut dapat memberikan pemahaman bagi peserta yang bertugas dalam bidang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah agar dapat bekerja sesuai peraturan yang berlaku.

"Selain itu kegiatan ini juga untuk menciptakan SDM yang berkualitas dalam melaksanakan pengadaan barang/jasa pemerintah bagi pejabat pembuat komitmen dan panitia pejabat pengadaan barang/jasa pemerintah," ujar Gede Suarsa.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022