Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, terus berupaya meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui berbagai program dan kegiatan yang terangkum dalam Rencana Aksi Pengembangan SDM Kabupaten Badung Tahun 2022-2024.

"Disusunnya rencana aksi ini adalah untuk meningkatkan kompetensi ASN dalam tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik serta peningkatan kualitas masyarakat sesuai visi misi Bupati dan Wabup Badung 2022-2024 guna terwujudnya SDM Badung yang berkualitas dan berdaya saing," ujar Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam keterangannya yang diterima di Mangupura, Rabu.

Ia mengatakan, diperlukan berbagai upaya peningkatan daya saing masyarakat dan peningkatan profesionalitas ASN Badung, diantaranya dengan mencanangkan program Pengembangan SDM untuk  meningkatkan kualitas ASN di lingkungan pemerintahan Badung.

"Hal ini sebagai upaya kami dalam mewujudkan misi meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan berdasarkan prinsip good governance dan clean government berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih," katanya.

Baca juga: Dispar Badung tingkatkan pengembangan SDM pariwisata
Baca juga: Pemkab Tabanan fokus kembangkan SDM bidang Pertanian

Bupati Giri Prasta menjelaskan, sesuai dengan visi misi Presiden yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, peningkatan kualitas manusia Indonesia dicapai melalui strategi pembangunan sumber daya manusia.

Hal tersebut dijalankan pemerintahan di Badung melalui visi misi Bupati-Wakil Bupati Badung 2021-2026, khususnya tertuang dalam misi kelima yaitu, Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia yang Berlandaskan pada Penguatan Pendidikan, Kesehatan dan Perekonomian Masyarakat.

Menurutnya, masyarakat saat ini juga dihadapkan pada era globalisasi yang dituntut untuk memiliki daya saing sangat tinggi yang diukur dari inovasi dan kemandirian daerah.

"Kami berupaya meningkatkan kompetensi ASN dalam tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik serta daya saing SDM dengan target kinerja yaitu tercapainya nilai SAKIP (A), opini BPK (WTP), indeks SPBE baik, indeks profesionalitas ASN tinggi dan indeks kepuasan masyarakat baik," ungkapnya.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021