Pemerintah Kabupaten Badung Bali merealisasikan dana hibah luar daerah yang diserahkan untuk beberapa desa adat di Kabupaten Bangli sebagai wujud implementasi dari program Badung Angelus Buana atau Badung Berbagi dari Badung untuk Bali.

"Kami menyerahkan dana hibah luar daerah dengan total bantuan sebesar Rp4,34 miliar secara langsung ke beberapa desa Adat yang ada di wilayah Bangli yaitu Kecamatan Susut, Kecamatan Bangli, Kecamatan Tembuku dan Kecamatan Kintamani," ujar Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di Bangli, Kamis.

Ia menjelaskan program Badung Angelus Buana yang dilakukan dengan penyerahan bantuan hibah dari Badung untuk sejumlah wilayah lain di Provinsi Bali bertujuan untuk menghidupkan sektor ekonomi kerakyatan sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

"Semoga pariwisata di Badung bangkit cepat dan pulih cepat agar kami di Badung bisa kembali memberikan bantuan ke daerah lain. Dan ini tidak ada muatan politik, ini murni untuk membantu meringankan beban masyarakat," kata Bupati Giri Prasta.

Baca juga: Pemkab Badung ingatkan warga gunakan dana hibah untuk bangun lingkungan

Dana hibah yang diserahkan untuk Badung itu nantinya akan digunakan untuk pembangunan dan rehabilitasi Pura Desa Pengayah Jalan Bau Sulahan Susut Bangli senilai Rp380 juta, pembangunan Pura Dalem Gandamayu Banjar Brahmana Bukit Cempaga Bangli senilai Rp1,1 miliar

Pembangunan Pelinggih Pura Alas Arum Batur Banjar Kerta Budi Desa Batur Selatan Kintamani senilai Rp1,6 miliar, pembangunan dan perehaban Pura Dadia Pasek Dukuh Badeg Banjar Pulasari Kawan Peninjoan Tembuku senilai Rp450 juta.

Pembangunan dan perehaban Pura Dadia Pasek Gelgel Pegatepan Pulasari Kangin Peninjoan Tembuku senilai Rp480 juta dan pembangunan Wantilan Pura Desa Desa Adat Peninjoan Tembuku senilai Rp330 juta.

Salah satu tokoh masyarakat penerima dana hibah dari Banjar Brahmana Bukit Cempaga Bangli Gus topok mengungkapkan, ia mewakili masyarakat berterima kasih kepada Bupati Giri Prasta karena telah menyerahkan bantuan dana untuk merampungkan pembangunan infrastruktur di bidang keagamaan.

"Kami selaku masyarakat Bangli mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati Badung Nyoman Giri Prasta karena dengan tulus telah membantu dan meringankan beban masyarakat Bangli. Dana hibah yang kami terima akan digunakan dalam bidang pembangunan infrastruktur, salah satunya yaitu pembangunan Pura Dalem Gandamayu Banjar Brahmana Bukit Cempaga Bangli senilai Rp1,1 miliar," ujar dia.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022