Pemerintah Kota Gorontalo melakukan studi komparasi atau mempelajari pengelolaan keuangan daerah, pengelolaan pariwisata dan pengelolaan potensi daerah dalam rangka mengoptimalkan pendapatan asli daerah di Kabupaten Badung, Bali.

"Karena hampir dari semua sisi dan semua aspek kami kira Kabupaten Badung lebih dari Kota Gorontalo," ujar Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha dalam keterangan yang diterima di Mangupura, Selasa.

Ia mengatakan, sektor pariwisata yang dikelola di Kabupaten Badung sudah berkelas dunia, dan dari segi struktur APBD wilayah Badung juga dinilai lebih baik dari Kota Gorontalo

"Tata Kelola pemerintahan, keuangan dan sebagainya di Badung juga baik. Oleh karena itu ini akan menjadi momen yang sangat penting bagi kami untuk betul-betul belajar tentang apa yang menjadi kewenangan pemerintah daerah dari Badung," katanya.

Baca juga: Kabupaten Badung masuk nominasi terbaik Penyelenggaraan PTSP dan PPB tingkat nasional

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menjelaskan, secara umum yang menjadi kekuatan suatu daerah adalah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Menurutnya, Pembangunan Jangka Menengah Daerah merupakan dasar dan Rencana Kinerja Tahunan (RKT) merupakan wujud dari implementasi pengelolaan pemerintahan daerah.

Terkait penganggaran, menurutnya Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Badung juga selalu berkoordinasi dengan tim Banggar DPRD Badung sebagai wujud tatanan yang harus dilakukan.

“Hasilnya ada hibah bansos karena DPRD ada konstituennya dan ini berjalan di Badung. Ini yang perlu kami lakukan kaitannya dengan tugas pokok dan fungsi DPRD," ungkap Bupati Giri Prasta.

Ia juga mengarahkan jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Gorontalo untuk melakukan koordinasi langsung dengan jajaran OPD terkait di Pemkab Badung.

Baca juga: Pemkab Badung bertekad wujudkan pembangunan utilitas terpadu

Hal itu agar jajaran Pemkot Gorontalo bisa mendapatkan informasi yang lebih detail dan teknis terkait dengan pengelolaan keuangan daerah dan strategi teknis lainnya di Badung.

"Kami berterima kasih karena telah berkenan menjadikan Badung sebagai lokus kunjungan studi komparasi ini. Nantinya kami pun juga perlu untuk belajar kepada jajaran pemerintahan di Kota Gorontalo," kata Bupati Giri Prasta.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022