Surabaya (Antara Bali) - Peserta Kongres II Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) dari 48 kota/kabupaten se-Indonesia diajak mengelilingi sejumlah bangunan cagar budaya di Kota Surabaya, Senin.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya, Wiwiek Widayati, mengatakan, dipilihnya Kota Pahlawan itu sebagai tempat rakernas kali ini berdasarkan Rakernas I JKPI di Pekalongan pada 1-3 April 2012.

"Kegiatan ini berlangsung mulai 22 hingga 24 Oktober 2012," katanya seraya menyebutkan, sebanyak 48 kota/kabupaten anggota JKPI yang diwakili oleh kepala daerah atau pejabat terkait hadir dalam kongres untuk mengikuti sejumlah rangkaian kegiatan selama dua hari.

Beberapa kegiatan yang dimaksud antara lain, pameran foto heritage, pameran UMKM, wisata kota atau "city tour", dan sidang anggota JKPI di Hotel Majapahit Surabaya pada Selasa (23/10).

Wiwiek mengatakan tujuan forum tersebut untuk memperkokoh pentingnya pusaka alam dan budaya. Selain itu, untuk menyusun strategi kesinambungan gerakan pelestarian pusaka, serta membangun jaringan pelestarian di tingkat ASEAN.

Mengawali rangkaian kegiatan, kata dia, pada hari pertama para peserta diajak berkeliling Surabaya, mengunjungi beberapa cagar budaya dan tempat-tempat yang kental nuansa budaya.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012