Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menegaskan bahwa koperasi di daerahnya telah menjadi mitra pemerintah dalam memulihkan ekonomi masyarakat menuju Tabanan Era Baru yang aman, unggul dan madani (AUM).

"Saya berterima kasih kepada kawan-kawan penggerak, penggiat dan pengusaha koperasi yang selama ini sudah membantu perekonomian sektor riil, khususnya di Tabanan,"  katanya saat menghadiri puncak Hari Koperasi ke-75 di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Kabupaten Tabanan, Bali, Selasa.

Ia berharap peringatan HUT Koperasi ke-75 dapat dijadikan gerakan bersama mendorong pembangunan koperasi agar tumbuh sejajar dengan badan usaha lain.

"Tentunya, pertumbuhan koperasi dengan sensitivitas tinggi dalam pengembangan usaha dan memanfaatkan kemajuan teknologi, guna pemulihan ekonomi, kedaulatan pangan dan energi," katanya.

Baca juga: PKK Tabanan perkenalkan Produk Unggulan lewat Pasar Rakyat

Di HUT Koperasi yang mengambil tema Transformasi Koperasi untuk Ekonomi Berkelanjutan itu ia menilai perlu tindakan konkret untuk transofrmasi total, baik dalam cara pandang maupun dalam mengelola koperasi.

Ia menambahkan, perkembangan koperasi di Tabanan saat ini sudah meningkat begitu pesat. Hingga bulan Juni 2022, tercatat jumlah koperasi yang beroperasi sebanyak 574 koperasi dengan jumlah anggota 92.350 orang.

Dari jumlah tersebut, banyak koperasi yang telah maju dan memberikan manfaat bagi anggota serta masyarakat di sekitarnya, terutama masyarakat yang menggiatkan sektor pertanian dan pangan di Tabanan.

Baca juga: Bupati Tabanan akui bangga saksikan Sekaa Gong Kebyar di PKB

Pewarta: Pande Yudha

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022