Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabanan, Bali, memperkenalkan Produk Unggulan lewat 66 gerai di Pasar Rakyat di Taman Budaya, Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan, Rabu.

Dalam acara pasar rakyat itu, para pemilik UMKM menyajikan hasil potensi lokal Kabupaten Tabanan yang terdiri dari produk pertanian, perdagangan, UMKM, dan IKM dari seluruh kecamatan di Kabupaten Tabanan.

Gelaran pasar rakyat yang diserbu pengunjung itu digagas Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan Ny. Rai Wahyuni Sanjaya dengan tema “berbelanja dan berbagi”.

Baca juga: PKK Bali adakan "Pasar Rakyat Belanja dan Berbagi" di Klungkung untuk bantu UMKM

Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan Ny. Rai Wahyuni Sanjaya mengajak seluruh pemerintah dan warga untuk “berbelanja” produk hasil bumi, UP2K, UMKM, dan IKM Kabupaten Tabanan yang telah disiapkan dalam gerai yang ada. 

Hasil dari berbelanja tersebut disalurkan dalam program “berbagi”. "Mereka yang menerima paket belanja itu betul-betul membutuhkan karena tergolong kurang mampu dan terdampak pandemi COVID-19,” ujarnya.

Ny. Rai Wahyuni Sanjaya berharap lebih memperkenalkan produk-produk unggulan Tabanan, yaitu beras dengan beragam variannya, produk olahan kopi khas Tabanan, produk agro pedesaan Tabanan, serta olahan pangan khas Tabanan lainnya.

Baca juga: Tabanan wujudkan bank sampah sinergi dengan masyarakat desa

Sementara itu, Bupati Sanjaya sangat mengapresiasi kegiatan yang diyakini mampu menggeliatkan kembali perekonomian masyarakat setelah pandemi COVID-19.

"Perekonomian bukan hanya di Tabanan yang mengalami penurunan. Salah satunya melalui kegiatan ini diharapkan mampu membangkitkan kembali perekonomian di Kabupaten Tabanan," katanya.

Sanjaya menambahkan bahwa Tabanan mempunyai berbagai macam keunggulan, seperti gunung, danau dan laut dengan alam yang subur. Buah-buahan, sawah, kebun terhampar di Tabanan, begitupun sayur mayur, sehingga Tabanan menjadi salah satu pemasok terbesar bahan pangan hasil bumi di Bali.

“Astungkara melalui programnya Ibu Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Suastini Koster, luar biasa beliau menginspirasi PKK kabupaten/kota se-Bali untuk melakukan kegiatan ini. Saya selaku Bupati memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya karena kita sadari bahwa keberhasilan membangun tidak terlepas dari peran ibu-ibu,” kata Bupati Tabanan.

Pewarta: Pande Yudha

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022