Jeddah (Antara Bali) - Jemaah haji Indonesia diminta untuk mewaspadai perubahan cuaca di Saudi Arabia yang relatif masih panas dan menjaga kesehatan dengan sering mengonsumsi air putih.

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Jeddah Ahmad Abdullah di Jeddah, Kamis, mengatakan cuaca di Saudi Arabia yang cukup panas yakni sekitar 44 derajat Celcius pada sekitar pukul 12.00 dan agak sejuk pada malam hari.

Perbedaan suhu siang dengan malam yang cukup jauh itu membuat kondisi jemaah jadi rentan. Untuk itu dia menganjurkan jemaah sering minum air putih dua tiga teguk untuk menghindari terjadinya dehidrasi.

"Jemaah jangan khawatir sering buang air kecil karena dengan dua tiga teguk saja meski sering maka kemungkinan ke kamar kecil akan berkurang," kata Abdullah yang tahun ini menjadi Kadaker Jeddah untuk kedua kalinya.

Dia juga meminta jemaah kloter awal untuk istirahat saat di pesawat karena perjalanan cukup jauh, yakni sekitar delapan jam, kemudian proses di Bandara King Abdul Azis Jeddah berkisar tiga hingga empat jam, dilanjutkan perjalanan ke Madinah antara lima sampai enam jam.

Abdullah juga mengingatkan mewaspadai dampak dari perbedaan waktu antara Indonesia dan Saudi yang membuat jemaah harus mengatur waktu istirahat (tidur). Perbedaan waktunya empat jam, atau Saudi lebih lambat empat jam.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012