Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar, Bali secara intensif melakukan perompesan pohon perindang jalan untuk keindahan dan mengantisipasi pohon tersebut tumbang.

Kepala Dinas DLHK Kota Denpasar, Ida Bagus Putra Wirabawa di Denpasar, Minggu, mengatakan perompesan dilakukan tidak hanya saat musim penghujan saja, tetapi dilakukan secara rutin untuk penataan wajah kota agar terlihat rapi dan indah.

"Langkah yang kami lakukan juga guna mengantisipasi terjadinya pohon perindang tersebut tumbang," kata Putra Wirawibawa.

Ia mengatakan peropesaan pohon perindang tersebut dilaksanakan dengan menyasar beberapa titik yang tersebar di wilayah Kota Denpasar, antara lain di kawasan Jalan Kartini dan Kawasan Jalan Moh Yamin.

Baca juga: Pemkot Denpasar jaga kelestarian alam dengan tanam pohon

Dikatakan pelaksanaan perompesan pohon perindang, selain untuk mempercantik wajah kota, juga untuk meringankan beban pohon jika terjadi hujan.

“Harapan kami, masyarakat juga turut memberikan informasi tentang lingkungan sekitar khususnya pohon perindang yang dinilai segera untuk dilakukan perompesan,” ujarnya.

Ia mengatakan secara berkelanjutan pihaknya terus melakukan pendataan dan pemetaan terhadap kondisi dan usia pohon perindang di Kota Denpasar. 

“Jika dilihat sudah terlalu tinggi dan berpotensi diterpa angin kencang akan dilakukan perompesan secara berkala,” kata dia.

Baca juga: DLHK Denpasar pangkas pohon perindang antisipasi angin

Sementara seorang warga Wayan Agus mengatakan pihaknya mendukung langkah-langkah antisipasi dari DLHK terjadinya saat musim hujan.

"Saya mendukung langkah yang dilakukan DLHK, karena perompesan pohon perindang sangat penting untuk keindahan dan antisipasi pohon tumbang saat musim hujan," katanya.

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022