Pemerintah Kota Denpasar, Bali, konsisten untuk menjaga lingkungan dan kelestarian alam dengan melakukan penanaman pohon dan menuangkan cairan eco enzyme di kawasan bantaran Sungai Badung serangkaian peringatan Hari Bumi.

Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara menyerahkan pohon perindang serta menuangkan eco enzyme serangkaian Peringatan hari Bumi yang dilaksanakan di bantaran Sungai Badung, di Denpasar, Jumat.

Walikota Jaya Negara mengatakan pada peringatan Hari Bumi ini diharapkan kepada semua masyarakat untuk ikut membantu mengurangi sampah plastik dengan saling mengingatkan satu sama lain dalam pengurangan penggunaan kantong plastik.

Baca juga: Unud Bali gelar simulasi bencana gempa bumi

Selain itu pula, kata Jaya Negara, pihaknya mengingatkan pentingnya menjaga lingkungan dan bersama-sama memerangi sampah dari hulu hingga hilir.

“Melalui peringatan Hari Bumi, mari bersama-sama kita jaga bumi. Salah satunya dengan mengurangi penggunaan plastik. Selain itu juga kita harus melakukan pemilahan sampah dan juga pelestarian alam dengan menanam pohon,” ujarnya.

Wali Kota Jaya Negara mengatakan pada peringatan Hari Bumi ini bukan hanya sebagai peringatan seremonial saja, melainkan salah satu kegiatan dari banyaknya kegiatan dalam menjaga bumi untuk tetap lestari dengan sebuah tindakan dan upaya penyelamatan bumi secara berkelanjutan.

“Perbaikan dan peningkatan kualitas lingkungan baik itu tanah,air, dan udara untuk kepentingan kita bersama terlebih lagi untuk generasi kita di masa yang akan datang guna mendapatkan kualitas lingkungan yang lebih baik,” ujarnya.

Baca juga: AQUA Mambal peringati Hari Bumi dengan budidaya Jalak Bali

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar, Ida Bagus Putra Wirabawa menyatakan upaya menjaga kelestarian bumi dari ancaman sampah menjadi tanggung jawab bersama seluruh manusia.

“Dengan itu, mari kita jaga bumi melalui hal terkecil, yakni dengan pemilahan sampah di rumah,” ujar Putra Wirabawa.

Pada peringatan Hari Bumi dilaksanakan penyerahan dan penanaman pohon, penuangan eco enzyme, penyerahan buku eco enzyme selamatkan bumi, penyerahan tong sampah, spanduk dan sosialisasi penanganan sampah dilaksanakan PKK Kota Denpasar serangkaian juga peringatan Hari Kartini.

Pada kesempatan tersebut hadir juga Ketua TP PKK Kota Denpasar Antari Jaya Negara, Istri Wakil Wali Kota Denpasar,  Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Kota Denpasar,  Widyani Wiradana, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar, IB. Putra Wirabawa, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Denpasar, Dewa Gede Rai, Camat Denpasar Selatan Made Sumarsana dan tokoh masyarakat.


 

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022