Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung menjalin kesepakatan kerja sama dengan sejumlah pihak swasta sebagai upaya penguatan produksi dan pemasaran produk-produk yang dihasilkan pelaku UMKM setempat.

Upaya yang dilakukan salah satunya adalah dengan menjalin kerja sama dalam penyelenggaraan program pengembangan dan pemberdayaan UMKM antara Pemkab Badung dengan dengan PT Panen Lestari Indonesia (SOGO) dan PT Alun-Alun Indonesia Kreasi (Alun-Alun).

"Melalui kerja sama itu kami harap apa yang menjadi kendala pelaku UMKM selama ini bisa diatasi seperti menjaga kualitas suatu produk termasuk secara kuantitatif produksinya," ujar Sekretaris Daerah Badung I Wayan Adi Arnawa di Mangupura, Sabtu.

Ia mengatakan, Pemkab Badung selalu mendukung semua pelaku industri UMKM dan tentu akan membantu pelaku UMKM seperti dari sisi produksi guna mendorong UMKM Badung yang maju dan berdaya saing.

Baca juga: Pemkab Badung tingkatkan kemampuan wirausaha warganya

Sektor UMKM juga diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional seperti serta membuka lapangan pekerjaan baru serta meningkatkan ekonomi Bali khususnya Kabupaten Badung

"Mudah-mudahan dengan kehadiran dan kerja sama yang kami jalin ini semua apa yang kami harapkan yaitu majunya UMKM bisa diwujudkan," katanya.

Ketua Dekranasda Badung Seniasih Giri Prasta menambahkan, pihaknya sangat senang dengan adanya kerja sama yang diyakini memiliki manfaat yang sangat besar sekali bagi UMKM yang ada di l Badung.

Pihaknya juga berupaya untuk mendorong pelaku usaha di Badung agar selalu mengedepankan kualitasnya dan kuantitas dalam setiap produk yang dihasilkan.

Baca juga: Pemkab Badung tetap komitmen realisasikan proyek Jalan Lingkar Selatan

"Harapan kami sangat besar dengan adanya kerja sama ini. Semoga kerja sama ini jangan untuk saat ini saja tapi tetap berlanjut kedepannya selama kami masih bisa memproduksi dan bisa memenuhi permintaan pasar," ungkapnya.

Sementara itu, Managing Director SOGO & Alun-Alun Indonesia Handaka Santosa menjelaskan, pihaknya yakin bahwa kerja sama dan gerakan itu dapat membuat produk Indonesia semakin kompetitif.

Nantinya, melalui platform yang disediakan oleh SOGO maupun Alun-Alun, pihaknya berharap agar produk-produk UMKM bisa menembus pasar internasional.

"Dengan dukungan tim dan potensi yang kami miliki, kami harap kerja sama ini dapat mempercepat pertumbuhan bisnis dan memperluas jangkauan UMKM di Indonesia," ujar Handaka Santosa.


 

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022