Pemerintahan Kabupaten Gianyar,  Provinsi Bali,  dalam rangka memperingati HUT  ke-251  menggelar lomba untuk barista guna mendorong generasi muda berbisnis minuman kopi yang  kini sedang marak.

"Pemerintah Kabupaten Gianyar menggelar lomba barista dan mixology serta dimeriahkan dengan pameran UMKM dan kuliner di Alun-alun Kota Gianyar," kata Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gde Mayun, usai membuka acara itu di Gianyar, Sabtu.

Lomba barista (membuat minuman kopi) dan mixology (meramu minuman) diikuti generasi muda dari kalangan profesional dan mahasiswa. Lomba barista diikuti 20 orang peserta ,  dan lomba mixology juga 20 orang peserta.

Baca juga: Agustus 2022, "Maybank Marathon" kembali digelar di Gianyar-Bali

Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gde Mayun mengatakan Lomba Barista dan Mixology merupakan ajang bagi kaum milenial untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya di bidang barista dan mixologi.

Selain itu, sebagai  ajang penggalian potensi generasi muda. Hal itu menjadi perhatian khusus dan prioritas Pemerintah Kabupaten Gianyar karena fungsi dan peran sangat strategis untuk mencapai tujuan pembangunan nasional dan mewujudkan Gianyar AMAN.

Tampak hadir dalam acara iitu  Ketua DPRD Kabupaten Gianyar I Wayan Tagel Winarta, Sekretaris Daerah Kabupaten Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya, ketua komisi IV DPRD Kabupaten Gianyar Ni Made Ratnadi, Ketua TP. PKK Kabupaten Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra, Forkopimda Kabupaten Gianyar, para kepala OPD terkait di Lingkup Pemerintah Kabupaten Gianyar serta Ketua Organisasi Wanita di Kabupaten Gianyar.

Ketua Panitia Lomba Barista dan Mixology yang sekaligus Kepala Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga) Gianyar Anak Agung Gde Agung mengatakan,  lomba barista dan mixology merupakan ide kreatif dari Ketua TP. PKK Kabupaten Gianyar yang tertuang dalam program kegiatan Pengembangan Kapasitas dan Daya Saing Kepemudaan yang diampu oleh Dispora Kabupaten Gianyar.

Baca juga: Satpol PP Gianyar segel sentra UMKM "Sukla Satyagraha"

“Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama yang baik antara Dispora Kabupaten Gianyar dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar, serta dukungan penuh dari DPD KNPI Gianyar, ” kata Anak Agung Gede Agung.

Tujuan dilaksanakan lomba barista dan mixology adalah guna menggali dan meningkatkan karya-karya nyata generasi muda yang bermanfaat dan dapat menghasilkan bibit-bibit barista dan bartender yang mempunyai karakter khusus dan mengedepankan kearifan lokal yang ada di Kabupaten Gianyar.





 

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022