Ajang pemilihan "Jegeg Bagus Klungkung dan Jegeg Bagus Entrepreneur Tahun 2022" dilaksanakan di Balai Budaya Klungkung, Bali pada 28 April 2022, sedangkan babak penyisihan pada 24 April 2022.

Humas Pemkab Klungkung dalam keterangan resmi, Minggu, melaporkan hal ini terungkap saat Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, menerima Panitia Jegeg Bagus Klungkung di Ruang Rapat Kantor Bupati Klungkung (31/3).

Dalam pertemuan dengan panitia yang didampingi Kadis Pariwisata Kabupaten Klungkung, A.A Gede Putra Wedana, dan Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata Tjokorda Gde Romy Tanaya, Bupati Suwirta mengatakan ajang pemilihan Jegeg Bagus sangat tepat untuk melahirkan generasi muda yang kreatif/inovatif dan menjadi Entrepreneur.

"Ada tiga aspek utama yang harus dimiliki sebagai seorang jegeg bagus, yakni smart (pintar), caring (peduli) dan hospitable (ramah), para peserta juga dituntut untuk berinovasi dengan membuat program kerja, dengan harapan dapat mengisi ruang dan berpartisipasi pada pemerintah," ujar Bupati asal Nusa Ceningan itu.

Baca juga: Bupati Klungkung apresiasi "Nusa Penida Bonsai Festival 2022"

Sementara itu, Kadis Pariwisata Kabupaten Klungkung, A.A Gede Putra Wedana menjelaskan pelaksanaan kegiatan pemilihan Jegeg Bagus Klungkung dan Jegeg Bagus Entrepreneur Tahun 2022 sudah dilaksanakan dari bulan Februari.

"Pendaftaran peserta melalui online dengan jumlah peserta sebanyak 80 orang, bulan Maret dilakukan penyisihan terpilih 10 pasang finalis jegeg bagus. Tanggal 24 April 2022 akan dilaksanakan Fashion Show bertempat di Pendopo Puri Agung Klungkung dan Grand Final pada 28 April 2022, sekaligus memperingati hari Puputan Klungkung ke-114 dan HUR ke-30 Kota Semarapura," jelas A.A Gede Putra Wedana.

Semangati Lansia
Setelah melayat di Desa Aan yang sempat diguyur hujan lebat (2/4), Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Perbekel Desa Tihingan, I Wayan Sugiarta, menyerahkan bantuan berupa sembako kepada lima keluarga lansia dalam satu KK di Banjar Pau, Desa Tihingan, Kecamatan Banjarangkan.

Kelima keluarga lansia tersebut di antaranya bernama I Wayan Patre, Ni Nengah Patri, Ni Nyoman Siti, I Wayan Sumatra dan Ni Nengah Sekri.

Baca juga: Bupati Klungkung dorong potensi Desa Wisata Kamasan

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Suwirta mengaku perihatin kepada keluarga lansia itu, sebab mereka merupakan daha tua atau tidak ada yang menikah dan aktivitas kesehariannya juga hanya mengandalkan ke sawah.

Semangat pun langsung diberikan Bupati agar mereka tetap selalu bersyukur dan tentunya terus bersemangat menjalani kehidupan sehari-hari. "Mudah-mudahan dengan bantuan ini nantinya bisa bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mari tetap selalu bersyukur dan terus semangat," harap Bupati Suwirta.

Sementara itu, Perbekel Desa Tihingan, I Wayan Sugiarta, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Suwirta yang sudah memberikan perhatian serius kepada warganya. Keluarga lansia juga sudah diperhatikan dan dijaga oleh I Wayan Darmana yang juga merupakan keluarganya berada satu rumah disana.
 

Pewarta: Ayu Khania Pranishita

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022