Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, menyerahkan dana motivasi kepada kelompok pemuda guna mendukung dan menunjang kreativitas generasi muda setempat.

Dana Motivasi Kreativitas 2022 itu diberikan sebesar Rp10 juta per Sekeha Teruna atau kelompok pemuda yang diserahkan kepada 584 Sekeha Teruna dan Yowana se-Kabupaten Badung.

"Kami meminta ketua kelompok pemuda untuk dapat mengelola dana yang kami salurkan ini dengan cermat tepat dan transparan guna meningkatkan kreativitas mereka dalam melestarikan seni, tradisi, adat dan budaya Bali," ujar Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di Mangupura, Kabupatem Badung, Jumat.

Baca juga: 260 peserta ikuti Bulan Bahasa Aksara dan Sastra Bali di Badung

Ia mengatakan Pemkab Badung terus berupaya untuk selalu menjaga dan melestarikan budaya Bali, salah satunya dengan menyerahkan Dana Motivasi Kreativitas dalam menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1944 itu.

Dana motivasi kreativitas itu nantinya dapat digunakan untuk menunjang kreativitas seni dan budaya generasi muda di desa seperti pementasan tari sakral, tari kolaborasi, pembacaan lontar, pembacaan awig-awig dan pararem serta berbagai kegiatan sendi budaya lainnya.

Menurut Bupati Giri Prasta, Sekeha Teruna adalah generasi penerus dalam melestarikan adat, tradisi dan budaya. Untuk itu, mereka juga diminta dapat ikut berpartisipasi aktif dalam menyukseskan seluruh program yang dicanangkan Pemkab Badung khususnya dalam bidang pelestarian adat seni agama dan budaya.

Baca juga: Listibiya Badung lestarikan adat dan budaya Bali

"Dengan bantuan dana ini kami berharap generasi muda mampu meningkatkan kreativitas di bidang seni dan budaya di tengah derasnya arus modernisasi meskipun di tengah pandemi COVID-19," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan Badung I Gde Eka Sudarwitha menjelaskan terdapat 584 Sekaa Teruna dan Yowana se-Kabupaten Badung yang telah mengajukan surat permohonan hibah kepada Bupati Badung sebelum dana tersebut disalurkan.

"Karena bantuan dana ini berbentuk dana hibah, penerima juga harus menyampaikan laporan pertanggungjawaban setelah selesai kegiatan," ungkapnya.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022