Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Denpasar, Bali terus gencar melakukan pembersihan sungai dan saluran air untuk mengantisipasi banjir saat musim hujan.

"Kami melakukan pembersihan sungai dan saluran air atau got di kawasan Renon, Jalan Tukad Nyali, Jalan Kaliasem, Jalan Cok Agung Tresna, dan Jalan Ayani Utara dikoordinasi Pasukan Biru Prokasih," kata Kepala Dinas PUPR Kota Denpasar Anak Agung Ngurah Bagus Airawata di Denpasar, Selasa.

Pihak PUPR Kota Denpasar melalui Pasukan Biru Prokasih terus menggencarkan pembersihan sungai dan saluran air. Hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi meluapnya air sungai atau saluran air akibat sedimentasi, sampah, atau benda padat lainnya di sungai saat musim hujan.

"Pembersihan ini lebih kepada upaya untuk mengembalikan fungsi sungai yang sebenarnya, hal ini dilaksanakan secara rutin, sehingga saat debit air meningkat tidak meluap atau menimbulkan genangan di titik tertentu," ujarnya.

Baca juga: Tim gabungan Denpasar bersiaga untuk hadapi banjir

Agung Airawata mengatakan secara umum kondisi sungai dan saluran air di Kota Denpasar sudah baik. Namun demikian, tingginya intensitas hujan dan bertambahnya volume air dengan cepat membuat terjadi genangan di beberapa tempat, sedangkan setelah hujan reda akan segera kembali normal.

"Kami ketahui Denpasar merupakan daerah hilir, selain sedimentasi, pasang surut air laut juga memengaruhi perjalanan air menuju muara," ujarnya.

Ia mengimbau masyarakat senantiasa menjaga kebersihan sungai dan saluran air lainnya. Hal ini mengingat sudah memasuki musim hujan.

Selain itu, Bali khususnya Kota Denpasar yang bertumpu pada sektor pariwisata, juga wajib menjaga kebersihan lingkungan.

Baca juga: Pemkot Denpasar kawal proyek 

"Dari pemantauan air meluap akibat berkurangnya daya tampung sungai, sampah juga akan bergerak menuju muara, ini akan mengotori pantai. Karena itu masyarakat diimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan, terlebih di sungai atau saluran air," katanya.

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022