PT ITDC Nusantara Utilitas (ITDC NU) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan PT Tower Bersama yang merupakan bagian dari kelompok usaha Tower Bersama Group (TBG) dalam Penyediaan, Pengembangan dan Penyelenggaraan Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

"Melalui kerja sama ini, ITDC NU dan TBG akan menghadirkan layanan TIK terkini sebagai layanan baru bagi para pelaku usaha dan wisatawan di kawasan pariwisata The Nusa Dua, Bali," ujar Direktur Utama ITDC NU A.A. Istri Ratna Dewi dalam keterangan yang diterima di Kabupaten Badung, Jumat.

Ia mengatakan, pihaknya sebagai anak usaha PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), yang bergerak dalam pengelolaan utilitas di kawasan pariwisata, terus berupaya untuk meningkatkan kelengkapan dan pelayanan utilitas di kawasan pariwisata yang dikelola ITDC.

Baca juga: ITDC bentuk "COVID-19 Alert Team" di The Nusa Dua Bali

Melalui kerja sama itu, ITDC NU bersama TBG akan menyelenggarakan neutral infrastruktur dan layanan TIK meliputi kegiatan untuk membangun, menempatkan, mengoperasikan, memelihara serta mengelola dan/atau menyewakan neutral infrastruktur dan layanan TIK kepada operator telekomunikasi/provider/pelanggan/end user/publik di kawasan The Nusa Dua.

Kerja sama itu juga bertujuan untuk mengintegrasikan layanan TIK di kawasan The Nusa Dua guna meningkatkan pelayanan teknologi informasi dan komunikasi bagi pelaku usaha serta mewujudkan visi The Nusa Dua sebagai Smart Resort.

"Kami berupaya untuk terus meningkatkan kelengkapan dan kualitas layanan kami, salah satunya melalui penyediaan neutral infrastruktur TIK yang terintegrasi di kawasan The Nusa Dua Bali," kata Istri Ratna Dewi.

Direktur Pengembangan Bisnis ITDC Ema Widiastuti mengatakan, pihaknya menyambut baik kerjasama yang terjalin antara ITDC NU dengan Tower Bersama Group sebagai salah satu wujud komitmen kami dalam memberikan layanan terbaik bagi tenant dan pengunjung di kawasan pariwisata yang dikelola ITDC.

Baca juga: ITDC-BMKG aktifkan "Warning Receiver System" di The Nusa Dua

Pihaknya meyakini hal itu akan memberikan nilai tambah kawasan The Nusa Dua sebagai sebuah destinasi wisata MICE terkemuka di Indonesia dan kawasan wisata berkelas dunia.

"Kami optimistis, kelengkapan di bidang TIK ini akan dapat membantu kesuksesan penyelenggaraan kegiatan-kegiatan besar yang akan berlangsung di The Nusa Dua," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur TBG Budianto Purwahjo mengatakan, TBG dan ITDC NU memiliki tujuan yang sama agar dapat terus bekerjasama secara berkesinambungan dengan tetap mengedepankan prinsip-prinsip Good Corporate Governance.

"Kerja sama pengembangan Neutral Infrastruktur dan layanan TIK ini diharapkan memberikan kemudahan akses dengan didukung teknologi digital yang dapat menjadi solusi penunjang dalam kemudahan komunikasi, terutama di masa sulit seperti pandemi COVID-19," ujarnya.

Dimulainya kerja sama itu ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan neutral infrastruktur TIK berlokasi di Common Area kawasan The Nusa Dua.

Nantinya neutral infrastruktur TIK tersebut akan dikelola untuk memberikan layanan telekomunikasi, layanan internet, telepon, TV, aplikasi beserta layanan lainnya kepada Operator Telekomunikasi, Internet Service Provider (ISP), tenant, dan publik di kawasan The Nusa Dua.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021