Otoritas Jasa Keuangan Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara memberikan bantuan dana sosial Rp100 juta lebih untuk renovasi sarana prasarana di Pasraman Gurukula, Kabupaten Bangli, yang bergerak di bidang pendidikan bagi anak-anak beragama Hindu kurang mampu.

"Meskipun kewenangan OJK mengenai pengaturan dan pengawasan industri jasa keuangan di Indonesia, namun OJK juga rutin melaksanakan kegiatan sosial, seperti membantu Pasraman Gurukula ini," kata Kepala OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara Giri Tribroto, di Denpasar, Senin.

Pemberian bantuan dana renovasi Pasraman Gurukula, Kabupaten Bangli, yang telah diserahkan pada Sabtu (25/9) tersebut juga menjadi rangkaian perayaan satu dasawarsa OJK yang jatuh pada November 2021.

Baca juga: OJK Bali Nusra puji program Kurda GAS untuk warga miskin Gianyar

Seremonial penyerahan dana bantuan sebesar Rp100,26 juta itu diterima oleh Kepala Pasraman Gurukula I Wayan Arsada. Acara itu juga turut dihadiri anggota Komisi XI DPR I Gusti Agung Rai Wirajaya dan Deputi Komisioner OJK Bidang Humas dan Logistik Anto Prabowo.

"Sekaligus ini implementasi kegiatan sosial sebagai program budaya kerja," ucap Giri Tribroto.

Dana tersebut akan digunakan untuk merenovasi sarana pasraman (lembaga pendidikan berasrama) yang telah rusak, seperti kamar mandi, asrama dan dapur.

Dia mengemukakan, kegiatan sosial OJK Regional 8 Bali-Nusra, sebelumnya telah berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Bali untuk melaksanakan vaksinasi massal kepada lebih 26.000 masyarakat Bali dari berbagai kabupaten/kota.

Sebelumnya OJK dan Pegadaian juga mengadakan kegiatan sosial pembagian sembako di Pulau Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, kepada masyarakat yang disuntik vaksin.

Baca juga: OJK Pusat kunjungi Buleleng

Giri Tribroto menambahkan dalam penyerahan dana bantuan sosial itu diisi pula dengan edukasi kepada guru dan siswa di Pasraman Gurukula tentang peran dan hubungan OJK dengan Bank Indonesia, Kementerian Keuangan dan LPS.

Selanjutnya Deputi Komisioner OJK Bidang Humas dan Logistik Anto Prabowo
menyampaikan bahwa OJK akan terus meningkatkan kolaborasi dan sinergi dengan pemerintah daerah untuk ikut menyejahterakan masyarakat.

Diharapkan bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik agar para siswa dapat belajar dengan nyaman di Pasraman Gurukula Bangli.

"Kegiatan sosial OJK berupa pembagian sembako pada acara vaksinasi bekerja sama dengan industri jasa keuangan di Bali akan terus berlanjut dan lima ton beras telah disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan," ujar Giri Tribroto

Ke depannya OJK akan bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Provinsi Bali dalam penyaluran sembako.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021