Gubernur Bali Wayan Koster menerima bantuan sebanyak 41 ton oksigen cair, 120 unit flow meter, dan 150 unit tabung oksigen dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk membantu percepatan penanganan COVID-19 di Pulau Dewata.

"Terima kasih kepada Kadin Indonesia atas kontribusi nyata terhadap penanganan COVID-19 di Provinsi Bali. Bantuan ini sangat menolong upaya kita, khususnya untuk pasien COVID-19 yang ditangani rumah sakit (RS)," kata Koster di Denpasar, Minggu.

Koster dalam acara penyerahan bantuan oksigen dari Kadin Indonesia itu mengatakan saat ini ketersediaan oksigen medis di Bali menjadi semakin vital.

"Hal ini mengingat kasus COVID-19 di Bali masih terhitung dinamis dengan kasus yang masih di atas angka 1.000 kasus per hari. Tentu dalam penanganan pasien COVID-19 di RS membutuhkan ketersediaan oksigen," ujarnya.

Baca juga: PLN siap produksi hingga 2 Ton Oksigen per Hari

Oleh karena itu, ucap Koster, bantuan berupa oksigen liquid (cair) ini, tabung, dan generator sangat menolong Bali, apalagi dengan jumlah yang cukup banyak.

Khusus untuk oksigen tabung, Gubernur Bali akan mengalokasikan untuk RS swasta dan telah dikoordinasikan guna memperkuat penanganan pasien COVID-19.

"RS swasta telah kami kumpulkan dan koordinasikan supaya lebih maksimal dalam menangani pasien COVID-19. Intinya mereka siap menambah kamar dan kesulitan berupa tabung oksigen betul-betul terbantu dengan adanya bantuan dari Kadin Indonesia," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Bidang Kelautan dan Perikanan Kadin Indonesia Joseph Pangalila yang membawa dua truk tangki besar mengangkut isotank berisi oksigen cair dan satu kontainer mengangkut tabung oksigen dan flow meter/regulator ke Jayasabha, Denpasar.

Dia mengatakan bantuan ini merupakan bentuk sinergitas Kadin dengan pemerintah daerah untuk bersama-sama secara gotong royong meminimalisasi pandemi COVID-19.

Baca juga: Polda Bali kawal distribusi oksigen ke rumah sakit

"Kami akan berkerja sama dengan pemerintah daerah ke depan. Ini adalah cara kita secara kemanusiaan untuk membantu penanganan di Bali dan mudah-mudahan bisa membantu banyak pasien," ujar Pangalila yang juga Ketua Satgas Kadin Perang Melawan Pandemi.

Kadin Indonesia, tambah dia, berupaya membantu penanganan COVID-19 melalui program "Kadin Perang Melawan Pandemi" dengan mengajak para pengusaha berpartisipasi bersama pemerintah dalam menangani persoalan COVID-19.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021