Yogyakarta (Antara Bali) - Ketua Yayasan Widya Budaya Yogyakarta Widi Utaminingsih mengimbau pengelola desa wisata dan kampung wisata di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta agar memiliki paket promosi bersama sehingga nilai jualnya bisa lebih meningkat.

"Untuk itu, pengelola desa wisata/kampung wisata harus memiliki strategi yang cerdas dalam mempromosikan desa atau kampung mereka," katanya di Yogyakarta, Minggu.  
 
Menurut dia, pengelola desa/kampung wisata harus mampu membuat wisatawan bisa memiliki nilai tambah yaitu kenangan, pengalaman sekaligus edukasi selama mereka menginap di daerah itu.

"Karenanya, wisatawan selama menginap di desa/kampung wisata harus disuguhi atraksi seni dan budaya lokal yang atraktif sekaligus memberi edukasi pada pengunjung. Sehingga desa wisata/kampung wisata diharapkan selalu dikunjungi wisatawan," kata Widi yang yayasannya bergerak dalam studi  pengembangan budaya dan pariwisata berbasis potensi lokal itu.

Menurut dia, suguhan atraksi seni dan budaya lokal yang digarap dengan baik diharapkan dapat menjadi atraksi wisata yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke desa/kampung wisata.(IGT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012